Asita Sumbar Berbagi Tips Perjalanan Wisata

id Asita, Tips, Perjalanan, Wisata

Asita Sumbar Berbagi Tips Perjalanan Wisata

Logo ASITA. (int)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua DPD Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) Sumatera Barat (Sumbar), Ian Hanafiah memberikan solusi bagi wisatawan yang akan menempuh perjalanan menuju tempat wisata saat libur Lebaran.

"Selama lebaran kita perlu memperhatikan kondisi serta surat kendaraan secara lengkap yang kita kendarai," katanya di Padang, Kamis.

Selanjutnya ia menyarankan pengunjung harus memperhatikan petunjuk dan rambu-rambu lalu lintas di tempat wisata yang memiliki tanjakan tajam, seperti Puncak Mandeh Painan, Pesisir Selatan.

"Selanjutnya seperti bus pariwisata yang tidak bisa naik ke Puncak Mandeh, sangat diperlukan kendaraan bantu di area tersebut seperti mobil pikap," katanya.

Ia menyebutkan pikap tersebut digunakan untuk membantu pengunjung wisata. Agar tidak membahayakan penumpang, muatan mobil tersebut jangan terlalu banyak sehingga penumpang menjadi nyaman.

Pikap tersebut bisa di sewa pengunjung menaiki puncak mandeh, dan bayar sewanya sesuai dengan target yang telah ditentukan.

"Contohnya di Thailand dan Bali semua objek wisata mempunyai kendaraan yang nyaman dinaiki pengunjung,"katanya.

Selanjutnya ia menyarankan bagi pengunjung juga berhati-hati lagi dalam meninggalkan kendaraannya.

"Jangan lupa jaga kesehatan akan mengemudi kendaraan, karena dalam perjalanan sangat dibutuhkan kesehatan yang baik," tambahnya.

Terakhir ia menambahkan, setiap perjalanan pengunjung ke objek wisata perlu mengetahui aturan yang ada di tempat wisata tersebut. (*)