BNN-Dinkes Payakumbuh Tes Urine Sopir Angkutan Lebaran

id BNN-Dinkes

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Payakumbuh Sumatera Barat bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melakukan tes urine bagi sopir angkutan lebaran 1437 Hijriyah.

"Kami bersama Dinkes akan melakukan tes urine paling lambat H -7 bagi seluruh sopir angkutan lebaran," Kepala BNN Kota Payakumbuh, AKBP Firdaus ZN di Payakumbuh, Jumat.

Ia menambahkan, kegiatan tes unrine bagi sopir angkutan tersebut merupakan salah satu bagian dari memastikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam menghadapi lebaran.

Menurutnya, sopir angkutan lebaran tidak memakai narkoba salah satu cara untuk meminimalisir kecelakaan di jalan raya, khususnya selama musim mudik 2016.

"Kami tidak ingin suasana kebahagiaan di hari lebaran, berujung kesedihan, akibat jatuhnya korban kecelakaan lalu lintas," sebut dia.

Ia menegaskan, pengguna narkoba tidak boleh menjadi mengemudi kendaraan, apalagi pengemudi angkutan lebaran sebab akan membahayakan keselamatan penumpang.

Ia mengemukakan, pelaksanaan pemeriksaan urine itu dilakukan di terminal, pol bus dan beberapa ruas jalan yang ditentulkan bersama pemerintah daerah.

Sementara, Kepala Dinkes Payakumbuh, Elzadaswarman mengimbau semua sopir angkutan untuk tidak mengkosumsi narkoba, karena bahayanya begitu besar.

Ia mengatakan, selain tes urine, selama lebaran seluruh puskesmas yang ada di daerah siap memberikan pelayanan 24 jam bagi masyarakat da pemudik.

Pihaknya sudah mengatur dokter dan perawat yang bertugas selama liburan lebaran.

"Puskesmas harus tetap memberikan pelayanan bagi masyarakat yang datang berobat," lanjut dia. (*)