Payakumbuh Matangkan Persiapan Menghadapi Lebaran 1437 Hijriyah

id Payakumbuh

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, mematangkan persiapan menghadapi lebaran 1437 Hijriyah, hal itu untuk memberikan keamanan bagi masyarakat setempat saat menjalani hari raya.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi di Payakumbuh, Jumat, mengatakan untuk mewujudkan hal itu pihaknya telah menginstruksikan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk saling bersinergi dalam menyukseskan perayaan lebaran bagi umat Islam itu.

Ia menjelaskan, selain SKPD, pemerintah daerah juga melibatkan instansi lintas sektoral untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat dan juga pemudik.

Pihak kepolisian, ujar dia, akan bersinergi dengan Satpol PP dan Dishubkominfo dalam pelayanan transportasi, dimana ratusan personil dari tiga instansi tersebut diturunkan dalam pengamanan lebaran.

Personil tersebut akan dibagi pada beberapa posko dan titik yang rawan macet. Untuk posko, biasanya didirikan di Ngalau Indah dan pusat Kota Payakumbuh, tepatnya di Jalan Sudirman.

"Selain mengatur transportasi, personil juga diturunkan ke objek wisata serta di tempat hiburan," tambah dia.

Kemudian, untuk perbaikan jalan Dinas Pekerjaan Umum sedang melakukan perbaikan di sejumlah titik yang rusak.

Selanjutnya, pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Pertamina diminta untuk menyiapkan stol BBM sehingga tidak terjadi kelangkaan.

Sedangkan untuk stok pangan pihaknya memastikan mencukupi selama lebaran, untuk itu ia mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir terhadap kelangkaan bahan pangan itu

"Meski demikian, kami akan pantau seluruh harga barang setiap hari disetiap pasar di Payakumbuh," kata dia.

Ia menambahkan, untuk kendaraan dan petugas pemadam kebakaran juga disiagakan, dimana tidak satupun personilnya yang diizinkan mengambil cuti selama musim lebaran.

Salah seorang warga Payakumbuh, Rahmat Syukri mengapresiasi langkah pemerintah kota yang berupaya memberikan rasa aman bagi masyarakat saat lebaran.

Menurutnya beberapa hal yang perlu diupayakan adalah mengurai kemacetan, menjaga stok BBM, dan menjaga kestabilan harga sembako di pasaran.

"Karena letak Payakumbuh berada diperlintasan, upaya mengatasi kemacetan sangat lah perlu, termasuk menjaga stok BBM. Selain itu juga masalah sembako dan keamanan," kata dia. (*)