Pemkot Bukittinggi Pantau Penggunaan Fasilitas Parkir

id Bukittinggi

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittiinggi, Sumatera Barat (Sumbar), memantau kondisi dan penggunaan fasilitas parkir kendaraan roda dua dan roda empat di daerah itu, Sabtu.

Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan pantauan tersebut dilakukan seiring mulai diberlakukannya gedung eks Bioskop Gloria sebagai lokasi parkir kendaraan roda dua.

"Dengan dialihkannya parkir ke gedung tersebut, kami harap dapat memberi kenyamanan bagi masyarakat yang melewati Jalan Minangkabau dan pengunjung objek wisata Jam Gadang," tambahnya.

Selain ke gedung eks Bioskop Gloria, ia juga memantau fasilitas parkir kendaraan roda empat di Jalan Perintis Kemendekaan.

"Bila kendaraan roda dua bertambah, lantai empat gedung parkir di Jalan Perintis Kemerdekaan dapat difungsikan untuk roda dua, dan kapasitasnya cukup luas," jelasnya.

Sebagai persiapan jelang libur lebaran, Ramlan menyebutkan, bersama Polres Bukittinggi akan menciptakan rekayasa lalu lintas untuk antisipasi kemacetan.

"Kami juga minta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) untuk siapkan petugas di lokasi parkir dan petugas untuk mengarahkan masyarakat parkir di lokasi resmi," lanjutnya.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Tri Wahyudi menyatakan mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

"Bila masyarakat sudah merasa aman dan nyaman, maka perputaran kegiatan ekonomi menjadi lebih lancar," sebutnya.

Menurutnya, dalam pantauan hari pertama penggunaan gedung Gloria itu, telah menunjukkan kesadaran dan dukungan masyarakat semakin baik karena bersedia untuk parkir di lokasi yang telah ditetapkan.