Wakil Bupati Konsisten Kunjungi Masjid Selama Ramadhan

id Wabup

Painan, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Rusma Yul Anwar terus mengunjungi masjid ke kampung-kampung untuk menggelar Safari Ramadhan Khusus.

Ia di Masjid Baiturrahman Nagari (Desa Adat) Sungailiku, Kecamatan Linggo Sari Baganti, kabupaten setempat, pada Sabtu, malam, mengatakan selain mempererat tali silaturrahmi, safari Ramadhan itu juga sebagai wadah dalam menjaring apsirasi masyarakat hingga ke kampung-kampung.

Melalui Safari Ramadhan secara tidak langsung dapat mempererat hubungan silaturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat atau masyarakat dengan masyarakat itu sendiri.

Kegiatan itu juga dapat menjadi wadah bagi pemkab setempat untuk mengetahui pokok masalah yang tengah dihadapi masyarakat yang selama ini belum sepenuhnya dapat diketahui secara utuh.

"Kami sangat merespon aspirasi masyarakat. Melalui pertemuan ini kita berharap masyarakat dapat menyampaikan secara langsung keluhan keluhannya sehingga menjadi masukan bagi pemkab dalam melaksanakan pembangunan ke depan," tambahnya.

Keluhan masyarakat akan menjadi prioritas utama untuk dibahas di tingkat kabupaten dalam melaksanakan pembangunan ke depan.

Ia mengimbau Wali Nagari (Kepala Desa Adat) setempat agar dapat memanfaatkan dana desa yang dialokasikan bagi nagari tersebut untuk melaksanakan pembangunan dengan sebaik baiknya.

Dana desa merupakan uang masyarakat yang dikembalikan ke nagari dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan di masing-masing nagari, maka itu jangan ada yang disalahgunakan.

"Saya berharap, jangan sampai dana desa yang dialokasikan ke nagari-nagari menjadi permasalahan hukum karena pemanfaatannya tidak sesuai dengan aturan," katanya.

Wali Nagari (Kepala Desa Adat) Sungailiku, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Ramlan Ardi menyebutkan, pada 2016 nagari itu mendapat dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) sebanyak Rp1,2 miliyar.

Sebagian besar dana tersebut telah dimanfaatkan untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur khususnya jalan yang menjadi tanggung jawab nagari.