LSM Formas Pertanyakan Keberangkatan Erisman ke Jepang

id LSM Formas

Padang, (Antara Sumbar) - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Formas mempertanyakan keberangkatan Ketua DPRD Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Erisman ke Jepang terkait kapasitas yang bersangkutan dan anggaran yang digunakan.

Ketua LSM Formas, Anief Bakri di Padang, Minggu, mengatakan pihaknya bersama Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat-IB) Sumbar telah mendatangi gedung DPRD setempat pada Jumat (24/6) untuk menayakan hal tersebut pada beberapa pihak.

"Kami dengar Erisman di Jepang. Ini perlu dipertanyakan karena telah adanya putusan Badan Kehormatan (BK) tentang pemberhentian dirinya dari jabatan Ketua DPRD beberapa saat lalu," ujarnya.

Ia menanbahkan pihaknya mempertanyakan keberangkatan Erisman itu pada pimpinan DPRD, sekretariat DPRD serta Fraksi Gerindra.

Menurutnya, sejak BK mengeluarkan putusan tentang pencopotan Erisman dari jabatannya, Erisman bukan lagi Ketua DPRD Padang walaupun belum diparipurnakan.

Menanggapi sikap LSM Formas tersebut, Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra mengatakan dirinya memang mendengar ada anggota DPRD yang berangkat ke Jepang, namun ia mengaku belum tahu kepastian siapa yang berangkat dan anggaran yang dipergunakan.

"Soal anggaran yang dipakai ke Jepang saya tidak tahu. Yang lebih mengetahui anggaran itu ialah Sekretaris Dewan (Sekwan)," ujarnya.

Sementara Sekwan DPRD Kota Padang, Ali Basyar menjelaskan dirinya memang mengatahui keberangkatan Erisman ke Jepang, namun terkait anggaran yang dipergunakan, ia mengaku tidak tahu.

Ia mengaku dirinya tidak ada menandatangani pencairan anggaran untuk keberangkatan Erisman ke Jepang hingga Jumat (24/6).

Menurutnya, anggaran perjalanan anggota DPRD ke luar negeri memang ada, namun hingga Jumat, belum ada pencairan anggaran perjalanan anggota dewan ke luar negeri yang ditandatangani.

Selain mempertanyakan perjalanan Erisman ke Jepang pada pimpinan dan sekretariat DPRD, LSM Formas dan Pekat-IB Sumbar juga menyampaikan hal yang sama pada Ketua Fraksi Gerindra DPRD Padang, Elly Trisyanti.

Elly mengatakan keberangkatan Erisman Ke Jepang tanpa persetujuan fraksi dan partai dan hingga Jumat (24/6) tidak ada pemberitahuan Erisman tentang hal tersebut.

Menurutnya, selaku perpanjangan tangan partai, fraksi adalah tempat melapor bagi anggota dewan dari kader Partai Gerindra terkait seluruh tugas ataupun kegiatan kedewanan.

"Sudah menjadi kewajiban bagi setiap anggota untuk memberitahkan kegiatannya ke partai terlebih dahulu," ujarnya.

Ia menegaskan laporan ke fraksi saja tidak ada, apalagi ke partai. Pihaknya mengetahui Erisman ke Jepang setelah ada pemberitahuan di sosial media yakni facebook tentang keberadaan yang bersangkutan di Jepang.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Padang Erisman mengaku akan berkunjung ke Negara Sakura, Jepang beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan kunjungan tersebut sudah lama direncanakan dan dirinya sudah memberitahukan hal tersebut kepada pimpinan dan sekretaris DPRD Padang.

Selain itu, ia mengaku sudah ada surat tugas dan izin dari Kementerian Dalam Negeri.

Ia mengemukakan keberangkatannya itu karena diajak Pemkot Padang dengan agenda meninjau peternakan dan kelautan. (*)