Dubes RI untuk Kroasia Meninggal Dunia

id Dubes RI Kroasia

Jakarta, (Antara Sumbar) - Kementerian Luar Negeri RI mengabarkan bahwa Duta Besar (Dubes) RI untuk Republik Kroasia Alexander Litaay meninggal dunia pada Minggu (26/6) di Dubrava, Zagreb, Kroasia.

Menurut keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri yang diterima Antara, Senin, Dubes Alexander Litaay telah menderita sakit jantung dan stroke sejak 23 April 2016.

Sejak menderita sakit jantung dan stroke, Dubes Alexander Litaay berada dalam kondisi koma sejak 25 April 2016.

Almarhum meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak.

Menteri Luar Negeri, Retno L.P. Marsudi, atas nama pribadi dan keluarga Besar Kementerian Luar Negeri menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam atas wafatnya Dubes Alexander Litaay.

"Bapak Alexander Litaay menjalankan tugasnya di Kroasia sejak awal Maret 2016. Beliau memiliki semangat yang besar untuk memberikan sumbangsihnya bagi peningkatan hubungan bilateral dengan Kroasia. Semoga keluarga Bapak Alexander Litaay diberikan kekuatan dan kesabaran selalu dalam menghadapi cobaan ini," demikian disampaikan Menlu RI.

Almarhum Dubes Alexander Litaay lahir di Ambon pada 1 Oktober 1948 dan menempuh pendidikan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FKIP Universitas Pattimura Ambon.

Beliau juga merupakan politisi senior Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P).

Selama kurang lebih 15 tahun Dubes Alexander Litaay menjadi anggota DPR RI sebelum dilantik menjadi Duta Besar RI untuk Republik Kroasia pada 13 Januari 2016. (*)