Puncak Arus Kedatangan di BIM Diperkirakan H-1

id mudik, BIM, Lebaran

Padangpariaman, (Antara Sumbar) - Puncak kepadatan arus kedatangan penumpang pesawat udara di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padangpariaman, Sumatera Barat pada Lebaran 1437 Hijriah diperkirakan pada H-1 atau tanggal 5 Juli 2016.

"Pada H-1 tersebut tercatat ada 17.414 kursi penerbangan yang merupakan puncak kedatangan penumpang," kata General Manajer PT Angkasa Pura II BIM Suparlan di Padangpariaman, Senin.

Menurut dia pada Lebaran 2016 diperkirakan akan terjadi peningkatan arus mudik di BIM hingga 12,5 persen dibandingkan tahun lalu.

"Kami memastikan semua fasilitas bekerja dengan baik serta menyiapkan personel yang memiliki kemampuan khusus terkait pelayanan dan operasional bandara guna menyambut arus mudik," kata dia.

Suparlan menyebutkan hingga saat ini ada 122 penerbangan tambahan yang telah diajukan ke BIM terdiri atas Garuda Indonesia 11 penerbangan, Citilink 15 penerbangan, Sriwijaya Air 48 penerbangan, Lion Air 24 penerbangan dan Batik Air 24 penerbangan.

Tidak hanya mengajukan penerbangan tambahan maskapai Garuda Indonesia juga melakukan penggantian pesawat berbadan lebar guna meningkatkan daya angkut, katanya.

Untuk memberikan rasa aman pada penumpang mulai hari ini PT Angkasa Pura II membentuk posko keamanan dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan baik pihak kesehatan, polisi dan maskapai.

Kepada pemudik ia mengingatkan karena cukup sering terjadi perubahan cuaca ekstrem agar mengantisipasi jadwal keberangkatan menuju bandara agar tidak terlambat.

Sementara Distrik Sales Manager Citilink Padang Sugiarto mengatakan pihaknya menyiapkan penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Padang mulai 2 Juli sampai 5 Juli 2016 dengan jam keberangkatan pada 13.20 WIB.

"Semua pesawat juga telah mengalami pemeriksaan yang lebih baik mengantisipasi masalah keterlambatan," ujar dia. (*)