Wabup Dharmasraya Minta Polisi Tindak Pembalakan Liar

id pembalakan. liar, dharmasraya

Wabup Dharmasraya Minta Polisi Tindak Pembalakan Liar

Wakil Bupati Amrizal (Kiri) bersama Anggota DPRD Syahrul Furqon (Tiga dari kanan) saat menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) Aktivitas Ilegal Loging di Jorong Siluluk, Nagari Siguntur, Senin (27/6). Saat sidak ditumukan berbagai jenis kayu siap oleh yang diduga ditebang dari Hutan Produksi Terbatas (HPT). (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat Amrizal meminta pihak kepolisian setempat segera menindak aktivitas pembalakan liar yang semakin marak di daerah itu.

"Pelaku illegal logging harus ditindak tegas dan diproses hukum tanpa pandang bulu. Siapapun dia, apa dia masyarakat, oknum di dinas atau oknum dimanapun," kata Amrizal saat menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) di Nagari (Desa Adat) Siguntur, Kecamatan Sitiung, Senin.

Wabup mengatakan, sidak ini digelar setelah menerima laporan dari masyarakat terkait adanya truk pengangkut kayu ilegal terbalik di jalan menuju (Jorong) Siluluk, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung Minggu (26/6) Malam.

Terkait hasil sidak, ia mengatakan, di lokasi dari laporan masyarakat benar ditemukan berbagai macam jenis kayu siap olah dengan ukuran panjang empat meter dan lebar 60 cemtimeter .

Tidak hanya itu, katanya menambahkan, sepanjang jalan menuju lokasi juga terlihat dengan jelas kayu yang siap diangkaut terletak di pinggir jalan, yang diduga ditebang dari hutan produksi terbatas Nagari Lubuak Bulang, Kecamatan Pulau Punjung.

"Saya menduga ada oknum yang membeking para cukong ini, karena mereka melakukan aktivitas ilegal logging secara terbuka dan terang-terangan," tegasnya.

Ia berharap, ke depannya penegak hukum segara menindak kasus ini dengan serius, karena terkesan ada pembiaran aktivitas ilegal logging oleh masyarakat selama ini.

"Jika jajaran polres tidak mampu dengan personel yang ada, minta bantuan ke pihak Kapolda untuk menuntaskan kasus ilegal logging ini," tegasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Syahrul Furqon mendukung upaya pemerintah dalam menindak tegas aktivas ilegal logging daerah itu.

"Laporan ilegal logging juga sering saya terima dari masyarakat, ini sudah tidak dapat dibiarkan lagi, karena ini untuk kebaikan Dharmasraya 10 hingga 20 tahun kedepan," lanjutnya.

Turut mendampingi Wakil Bupati, Anggota DPRD Syahrul Furqon, Staf Ahli Bupati Bidang Keuagan dan Pendapatan Martoni, Staf Ahli bidang Hukum dan Politik Zubrizal, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Syahril Sahda. (*)