BPBD-PK Padang Siagakan Personel di Objek Wisata

id Pantai, pengamanan, objek wisata, padang

BPBD-PK Padang Siagakan Personel di Objek Wisata

Sejumlah pengunjung bermain di pantai Padang sambil menunggu terbenamnya matahari 2011 di Padang, Sumbar, Sabtu (31/12/2012). Ribuan warga memadati tempat wisata dan hiburan guna menyambut tahun baru 2012. (FOTO ANTARA/Maril Gafur)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemadam Kebakaran (BPBD PK) Kota Padang, Sumatera Barat, akan menempatkan personel di sejumlah objek wisata selama liburan Idul Fitri 1437 Hijriyah agar keamanan pengunjung terjaga.

"Khusus pada destinasi wisata seperti Pantai Purus dan Pantai Muaro Lasak yang ramai diikunjungi saat lebaran. Kami akan tempatkan personel untuk menjaga keselamatan pengunjung," kata Kepala BPBD PK Padang, Rudi Rinaldy di Padang, Senin.

Ia menambahkan untuk liburan nanti pihaknya akan berkoordinasi dengan Basarnas dalam pelaksanaan tugas tersebut. Pihaknya akan mengerahkan lima hingga enam personel setiap hari di lokasi tersebut.

Selain disiagakan di posko, personel tersebut juga akan memantau dengan turun ke lapangan.

"Selain piket di lokasi, di markas juga akan dikondisikan baik siaga bencana maupun kebakaran," ujar dia.

Ia berharap, para pengunjung menaati rambu-rambu yang telah dipasang oleh Dinas Pariwisata di sepanjang pantai.

"Kami berharap tentunya pengunjung bisa ramai mendatangi objek wisata yang kami miliki. Namun tetap terjaga keselamatannya dalam melakukan kunjungan tersebut," lanjut Rudi.

Sementara Sementara itu, Kepala Unit (Kanit) 2 Pariwisata Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar, E. Darma mengatakan untuk pengamanan di objek wisata Kota Padang, Polda Sumbar akan mengerahkan 31 personelnya yang akan ditempatkan satu orang di setiap pos dan sisanya memantau situasi di lapangan.

"Bukan hanya keselamatan saja namun kami akan menindak segala bentuk pemalakan terhadap wisatawan di lokasi wisata Kota Padang," tambah dia.

Kapolresta Padang AKBP Chairul Aziz pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, Puskesmas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Pemadam Kebakaran, Palang Merah Indonesia, dan lainnya untuk pengamanan tersebut.

"Kami akan mengerahkan sebanyak 750 personel yang akan ditempatkan di beberapa posko yang telah ditentukan termasuk pada lokasi wisata," ujar dia. (*)