Erisman: Keberangkatan ke Jepang Mendampingi Pemkot Padang

id DPRD Padang, Kunker, Jepang

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua DPRD Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Erisman menyatakan keberangkatan dirinya ke Jepang beberapa waktu lalu ialah mendampingi pemkot setempat, terkait adanya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Formas yang mempertanyakan keberangkatan itu.

"Keberangkatan pada 21 hingga 25 Juni 2016 itu sudah diagendakan sejak dua bulan lalu. Saya mendampingi pemkot menghadiri undangan dari Presiden Of Biso Giken Fukuoka Jepang," kata dia saat dihubungi dari Padang, Senin.

Ia menyampaikan undangan dari Negara Jepang itu dalam rangka meningkatkan kerjasama antara pemerintah daerah dengan Jepang, khususnya bidang pertanian dan perikanan.

Selain itu juga dalam rangka memperkenalkan Sistem Bisozyme yang telah diterapkan di Danau Biwa Jepang.

Menurutnya, keberangkatan itu sudah sesuai aturan, mulai dari Surat Perintah Tugas (SPT) Wali Kota Padang tertanggal 20 Juni 2016, rekomendasi perjalanan dinas dari Gubernur Sumbar nomor 093.1/471/Pem-2016 dan menyebutkan perjalanan dinas tersebut dibebankan pada APBD Padang 2016.

Kemudian juga surat tembusan izin perjalanan dinas ke Luar Negeri itu ke Kemendagri Cg Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI.

Ia menyampaikan, terakhir, agenda perjalanan ini telah masuk pada agenda surat DPRD Padang pada 16 Juni 2016 dengan nomor Agenda 34.

"Saya sudah sampaikan jauh-jauh pada Sekretaris Dewan (Sekwan) tentang keberangkatan tersebut," ujarnya.

Terkait keberangkatan tersebut, Erisman juga sudah melapor dan minta izin pada Ketua DPP Gerindra Fadli Zon serta staf DPP Gerindra.

Sementara izin dari Fraksi Gerindra di DPRD Padang serta DPC Gerindra Padang, ia mengakui bahwa hal tersebut tidak lakukan.

"Kan sudah sama diketahui perlakuan internal partai selama ini terhadap saya, apalagi tidak mendukung setiap permasalahan yang mendera," katanya.

Keberangkatan Erisman ke Jepang itu ialah bersama rombongan Pemkot Padang yakni Wakil Wali Kota Emzalmi, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Padang Zalbadri, Ketua GOW Padang Rosmawati dan ADC Wakil Wali Kota Taufiq Hidayat.

Sebelumnya Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti mengatakan terkait ke berangkatan Ketua DPRD Padang Erisman yang merupakan kader Gerindra Padang, ia mengaku tidak mengetahui tujuan Erisman ke Jepang itu.

Elly mengatakan keberangkatan Erisman Ke Jepang tanpa persetujuan fraksi dan partai.

Menurutnya, selaku perpanjangan tangan partai, fraksi adalah tempat melapor bagi anggota dewan dari kader Partai Gerindra terkait seluruh tugas ataupun kegiatan kedewanan.

"Sudah menjadi kewajiban bagi setiap anggota untuk memberitahkan kegiatannya ke partai terlebih dahulu," ujarnya. (*)