Dishubkominfo Pasaman Barat Periksa Kelayakan Kendaraan Umum

id uji, angkutan, lebaran, pasaman, barat

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan umum di Simpang Empat, Senin.

"Ini adalah persiapan kita menyambut mudik Lebaran, kelayakan kendaraan umum perlu diperiksa," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pasaman Barat Bobby P Riza didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pengendaian dan Operasional Irwan Effendi di Simpang Empat, Senin.

Pemeriksaan kelayakan kendaraan itu mulai dari surat kendaraan, pengemudi, uji kelayakan (KIR) dan kelengkapan lainnya.

"Itu bertujuan agar kendaraan yang membawa orang itu saat Lebaran nanti semuanya layak jalan. Terpenting sekali bisa menjamin keselamatan penumpang," katanya.

Dishubkominfo juga akan mendirikan posko pemeriksaan faktor resiko kecelakaan pada pengemudi saat mudik lebaran 1437 Hijriah dalam waktu dekat.

"Posko pemeriksaan kesehatan itu akan dibuka pada Kamis (30/6) di Terminal Simpang Empat,"katanya.

Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian dan Operasional Dishubkominfo Pasaman Barat Irwan Effendi menambahkan posko yang akan didirikan itu khusus untuk angkutan orang seperti travel, Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan angkutan antar provinsi.

"Kami akan mengarahkan angkutan itu ke dalam terminal dan akan memeriksa kesehatan para supirnya,"sebut Irwan.

Pada posko itu akan disediakan tiga orang dokter, satu dari provinsi dan dua orang dari dokter kabupaten.

Selain itu juga ada petugas dari Dishubkominfo dan dari jajaran Polres Pasaman Barat yang akan mengarahkan angkutan itu masuk terminal.

"Pemeriksaan resiko kecelakaan pada pengemudi itu akan dilakukan satu hari penuh. Jika tingkat keletihan pengemudi tinggi maka akan disarankan beristirahat terlebih dahulu," katanya. (*)