Bukittinggi Jadi Alternatif Sholat Idul Fitri Presiden

id Jam Gadang

Bukittinggi Jadi Alternatif Sholat Idul Fitri Presiden

Jam Gadang di Kota Bukittinggi. (Ilustrasi)

Padang, (Antara Sumbar) - Lapangan Kantin Bukittinggi menjadi salah satu lokasi alternatif pelaksanaan sholat Idul Fitri Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya ke Sumatera Barat (Sumbar) saat lebaran 2016.

"Rencana awalnya di halaman Masjid Raya Sumbar. Kami sudah persiapkan. Namun, ada alternatif lain yaitu di Lapangan Kantin Bukittinggi," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Selasa.

Menurutnya, lokasi pelaksanaan Sholat Idul Fitri bersama presiden akan dipastikan dalam beberapa hari ke depan dengan pembahasan bersama protokoler kepresidenan.

"Rincinya masih dalam pembahasan. Namun, secara informal saya sudah bertemu presiden dan beliau sampaikan secara pribadi bahwa akan berkunjung selama dua hari ke Sumbar yaitu tanggal 5 dan 6 Juli," ujarnya.

Ia menyebutkan, utamanya kedatangan presiden adalah untuk bersilaturahim dengan masyarakat Sumbar dengan Sholat Idul Fitri bersama dan bersilaturahim dengan masyarakat.

"Kami juga sedang usulkan sejumlah kegiatan tambahan seperti kunjungan ke Danau di Ateh dan Danau di Bawah dengan suguhan Festival Lima Danau dan kunjungan ke perusahaan-perusahaan yang sukses di Sumbar. Mudah-mudahan usulan ini bisa diterima," tambahnya.

Sementara untuk kepentingan Sumbar, ia menerangkan kedatangan presiden itu sudah berdampak sangat positif bagi daerah. Terbukti, kunjungan presiden ke Balai Pembibitan Ternak Unggul-Hijau Pakan Ternak (BPTU-HPT) di Padang Mengateh, Kabupaten Limapuluh Kota menjadikan lokasi itu sangat terkenal di Indonesia.

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat yang kemudian dijuluki New Zealand dari Sumbar itu, hingga pengelola tidak sanggup menampungnya.

"Efek seperti itu akan mengikuti jika presiden mengunjungi beberapa ikon wisata Sumbar seperti masjid Raya Sumbar, atau Danau di Ateh dan Danau di Bawah," ujarnya.

Selain itu, dalam kunjungannnya biasanya presiden akan bertanya, apa yang dibutuhkan oleh daerah.

"Kami akan siapkan data untuk disampaikan pada presiden terkait infrastruktur dan yang lain," lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar mengatakan saat ini persiapan menerima kunjungan presiden sudah hampir seratus persen.

"Kami intensifkan rapat dengan pihak terkait termasuk protokoler kepresidenan untuk mempersiapkan kedatangan presiden ke Sumbar," katanya.

Rencana kunjungan presiden ke Sumbar adalah yang ketiga kalinya sejak dilantik sebagai RI 1. (*)