Penghuni Panti Andam Dewi Bertambah Lima Orang

id Panti Andam Dewi, Sukarami, Solok

Arosuka, (Antara Sumbar) - Warga binaan penghuni Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) Andam Dewi milik Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat di Sukarami, Kabupaten Solok, bertambah lima orang.

"Kelima orang wanita penyandang masalah sosial itu merupakan kiriman dari Kabupaten Limapuluh Kota," kata Kepala Panti Andam Dewi Sukarami, Syahbana didampingi Kasi PPMK Suwito di Sukarami, Selasa.

Ia menyebutkan, kelima orang tersebut diamankan petugas gabungan Satpol PP Limapuluh Kota dan Polsek Pangkalan, dalam sebuah razia penyakit masyarakat didaerah Ulu Aia.

Kelima orang itu, katanya, diserahterimakan ke Panti Andam Dewi Sukarami, pada Senin (27/06) tengah malam.

Dengan bertambahnya lima orang wanita penyandang masalah sosial tersebut, ujar Syahbana, maka saat ini jumlah warga binaan penghuni Panti Andam Dewi Sukarami menjadi 35 orang.

Ia mengatakan, selama di dalam Panti Andam Dewi, seluruh wanita penyandang masalah sosial itu, mendapatkan berbagai macam pelatihan dan keterampilan, seperti menjahit, bordir, membuat souvenir dan lain sebagainya.

Selain itu, kata dia, seluruh warga binaan penghuni Panti, juga mendapatkan bimbingan mental spiritual, seperti solat berjamaah, wirid pengajian dan kegiatan keagamaan lainya serta olah raga seperti senam kesehatan jasmani.

Ia mengemukakan, seluruh penghuni Panti Andam Dewi Sukarami, juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin dua kali seminggu dari petugas medis Puskesmas Talang.

Setelah enam bulan mendapatkan berbagai pelatihan dan ketrampilan sesuai program yang sudah disediakan, penghuni Panti yang sudah memenuhi persyaratan dan sesuai ketentuan yang berlaku diperbolehkan kembali kerumah mereka didaerah asalnya masing-masing.

"Mereka juga diberi modal awal untuk bekal usaha kembali hidup mandiri dan berdikari ditengah masyarakat didaerah asalnya masing-masing," katanya. (*)