Lebaran, Solok Selatan Siagakan 80 Tenaga Kesehatan Perhari

id Lebaran, Arus, Mudik

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menyiagakan 80 orang tenaga kesehatan perhari selama arus mudik Lebaran pada 3-10 Juli 2016.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman di Padang Aro, Selasa, mengatakan 80 petugas kesehatan tersebut ditempatkan di sembilan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di mana dalam satu hari mereka dibagi menjadi tiga shift.

"Setiap shift terdiri dari satu dokter tiga sampai lima perawat serta mobil Puskesmas keliling lengkap dengan sopirnya", katanya.

Dia mengatakan Solok Selatan memiliki tujuh Puskesmas di jalur jalan utama dan dua lagi di daerah dalam tetapi tetap siaga.

Sedangkan jumlah petugas yang piket di sebuah Puskesmas akan tergantung dari kapasitas faskes tersebut misalnya untuk Puskesmas Pakan Rabaa dalam satu sift siaga lima orang.

Selain itu juga sudah dibentuk tim reaksi cepat terhadap Langkah Pertama Dalam Melakukan Pertolongan jika terjadi kecelakaan saat mudik.

"Tim reaksi cepat lansung datang ke lokasi secepat mungkin jika terjadi kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran sehingga korban mendapat pertolongan secepatnya," jelasnya.

Ia memastikan tim kesehatan yang diturunkan tahun 2016 jauh lebih matang dibandingkan dengan tahun lalu.

"Petugas kita terus dilatih dan diberi penyuluhan terhadap penanganan serta persiapan saat siaga mudik lebaran sehingga lebih matang," sebutnya.

Selain itu, tiga orang perawat serta satu dokter ditempatkan di lokasi wisata Hot Waterboom untuk berjaga selama libur lebaran.

"Kami menempatkan petugas kesehatan dari Puskesmas Pakan Salasa di Hot Waterboom untuk berjaga sedangkan destinasi lainnya belum ada," ujarnya.

Ia menambahkan upacara gelar pasukan Operasi Ketupat Lebaran tahun ini akan dilaksanakan di Mapolres Solok Selatan kamis 30/6.

Sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Solok Selatan Doni Hendra mengatakan objek wisata yang dikelola Pemerintah setempat yakni pemandian air panas Sapan Maluluang siap dikunjungi selama libur Lebaran 2016.

"Persiapan menyambut libur lebaran telah kami mulai minggu-minggu ini, mulai dari pelayanan, tiket, kebersihan, keamanan dan pos kesehatan," katanya.

Selain pelayanan, ia menambahkan, area parkir juga menjadi perhatian untuk dibenahi karena pada lebaran tahun lalu parkir menjadi kendala pengunjung sehingga arus lalu lintas menuju objek wisata tersebut macet.

"Untuk tahun ini, parkir kendaraan pengunjung akan kami letakkan di luar objek wisata. Pengunjung nanti cukup jalan kaki masuk ke Hot Water Boom," jelasnya. (*)