Disdik Padang Dorong Sekolah Gunakan Bahasa Asing

id Sekolah, Padang, Bahasa, Asing

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mendorong sekolah-sekolah di daerah itu menggunakan bahasa asing dalam program pembelajaran.

"Kami mendorong sekolah dalam menggunakan bahasa asing, guna mempersiapkan generasi yang siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi, di Padang, Selasa.

Ia mengatakan secara praktis sekolah yang terdapat di Padang sudah menerapkan hal itu serta sudah masuk dalam kurikulum pembelajaran, yang diperlukan adalah penguatan untuk hal itu.

"Sudah masuk dalam kurikulum, tinggal kita melakukan penguatan bekerja sama dengan beberapa lembaga untuk mencari pengguna asli suatu bahasa atau 'native speaker', karena idealnya bahasa asing itu dipelajari dengan penutur asing" kata dia.

Selanjutnya, tambah dia, pengguna asli suatu bahasa diundang dari negara yang telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan di antaranya dengan Jerman, Perth, australia, Tiongkok serta negara lainnya.

Ia menambahkan telah ada beberapa nota kesepahaman serta tinggal menindaklanjuti, contohnya adalah bahasa Mandarin namun terkendala oleh regulasi dan aturan tenaga kerja serta hal lainnya, oleh karena itu hal tersebut belum bisa dijalankan.

Ia juga menegaskan untuk masuk ke dalam dunia kerja internasional harus memiliki kompetensi dan keterampilan yang bertaraf internasional pula.

"Untuk menyatakan bahwa tenaga kerja layak pakai yaitu dengan sertifikat kompetensi dan kemampuan berbahasa," kata dia.

Ia berharap dengan adanya penguatan berbahasa asing dapat membuat banyaknya tenaga yang terserap dunia kerja internasional.

"Siapkan dan asah kemampuan keterampilan serta kemampuan berbahasa," ujarnya. (*)