Unand Terima 2.550 Mahasiswa Jalur SBMPTN 2016

id Unand

Unand Terima 2.550 Mahasiswa Jalur SBMPTN 2016

Logo Unand Padang (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menerima sebanyak 2.550 orang calon mahasiswa baru jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016.

"Jumlah ini telah memenuhi kuota yang diberikan untuk mahasiswa baru jalur SBMPTN sebesar 30 persen," kata Kepala Humas Unand, Eriyanty di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan jumlah 2.550 mahasiswa ini akan ditempatkan pada tiga kampus berbeda yakni kampus I di Padang, II di Payakumbuh dan III di Dharmasraya.

Secara rinci dia menyebutkan untuk kampus I di Padang sebanyak 2.389 yang tersebar di lima belas Fakultas dan satu Diploma.

Sedangkan kampus II dan III yang terdiri atas dua Fakultas dan satu Fakultas masing-masing memiliki mahasiswa baru sebanyak 158 dan 103 orang dalam SBMPTN ini.

"Secara jumlah mahasiswa terbanyak pada satu fakultas tidak jauh berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri," tambahnya.

Dia menerangkan pada SBMPTN kali ini Fakultas Peternakan dengan satu program studi Peternakan menjadi penerima mahasiswa terbanyak dengan jumlah mencapai 351 orang dengan alokasi kampus I di Padang, dan II di Payakumbuh.

Kemudian ada Fakultas Ekonomi dengan 319 orang mahasiswa yang juga tersebar di dua kampus I di Padang dan II di Payakumbuh.

Beberapa fakultas yang menerima mahasiswa baru SBMPTN antara lain Fakultas Hukum sebanyak 133 orang dengan satu prodi Ilmu Hukum, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sebanyak 266 orang dan Kedokteran sebanyak 119 orang.

"Sama seperti SNMPTN, mahasiswa yang diterima di SBMPTN ini juga melakukan pendaftaran ulang, verifikasi, tes Toefl, Karakter Andalasian dan Wawasan Kebangsaan," lanjutnya.

Untuk Verifikasi Dokumen, sebutnya, akan dimulai pada 13 hingga 14 Juli 2016 dengan dibagi dua bagian kelompok Fakultas di gedung Auditorium Unand.

Namun sebelum itu calon mahasiswa harus melakukan pendaftaran ulang pada rentang 30 Juni hingga 5 Juli 2016 secara dalam jaringan atau daring.

Pada tanggal 11 hingga 13 Juli 2016 peserta sudah bisa melakukan pembayaran di Bank yang tersebutkan dalam pendaftaran.

Setelah selesai verifikasi tersebut barulah dilakukan Tes Toefl, pembinaan Karakter Andalasian, Wawasan Kebangsaan, dan orientasi mahasiswa atau BAKTI yang akan dihelat serentak bersama mahasiswa dari SNMPTN dan hasil Ujian Bersama Mandiri pada Agustus 2016 mendatang.

"Fokus Unand setelah penerimaan SBMPTN ini yakni penjaringan 30 persen kuota lagi untuk dalam Ujian Mandiri Bersama," ujarnya.

Khusus pendaftaran untuk UMB-PT ini telah dibuka sejak 16 Mei 2016 secara daring di halaman https://penerimaan.spmb.or.id dan berakhir pada 22 Juli 2016 mendatang.

Ujiannya akan dilaksanakan serentak pada 13 PT di seluruh Indonesia dengan sistem seperti SBMPTN pada 24 Juli 2016, dan pengumumannya akan dibuka pada 31 Juli 2016.

Sementara itu salah satu mahasiswa yang terpilih masuk di Unand, Fadli cukup apresiasi dengan SBMPTN tahun ini. Menurutnya persaingan untuk memperoleh satu kursi di SBMPTN tahun ini cukup ketat.

Dirinya merasa beruntung karena masuk dari 2.550 di salah satu universitas ternama di Sumbar dari 35 ribu orang lebih yang ikut ujian. (*)