Pemkab Solok Selatan Data Jumlah Anak Yatim

id Pemkab Solok Selatan

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, akan mendata anak yatim agar jumlahnya valid dan tepat sasaran bila ada penyaluran bantuan pemerintah, dan santunan masyarakat.

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria di Padang Aro, Rabu, mengatakan, bila jumlah anak yatim terhimpin dalam data, maka bantuan atau infak pada mereka tepat sasaran.

"Saya sudah mengumpulkan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) guna membicarakan masalah pendataan jumlah anak yatim di Solok Selatan," katanya.

Dia mengatakan, PSM memiliki hubungan yang baik hingga ke tingkat jorong dan mereka bisa diandalkan untuk melakukan pendataan nantinya.

PSM, katanya, bisa bekerja sama dengan nagari dan jorong sehingga hasilnya lebih valid, dan kecamatan memiliki data anak yatim.

Pendataan nanti katanya, akan dirinci berapa jumlah anak yatim piatu atau yang tidak memiliki orang tua sama sekali, anak yang hanya memiliki ibu atau bapak.

"Dengan adanya data ini maka pemerintah kecamatan bisa langsung mengarahkan para donatur atau orang yang ingin berbagi dengan anak yatim," katanya.

Untuk menyukseskan visi dan misi kepala daerah tentang masyarakat, tahun depan setiap masjid akan mendapat anggaran Rp1 juta dari APBD untuk melaksanakan MTQ ditambah dengan dana nagari Rp500 ribu.

"Supaya tidak ada lagi meminta sumbangan di jalan atau keluar masuk kantor, maka tahun depan kami anggarkan dana untuk MTQ dari APBD dan dana desa," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Solok Selatan, Burhanuddin Chatib mengatakan, sangat mendukung visi dan misi religius kepala daerah dan siap membantu menyuksekannya.

"Program religius ini sangat bagus dan itu bisa berhasil bila SKPD bisa menyesuaikannya dan kita siap membantu serta bekerjasama dalam bidang ini," jelasnya. (*)