Dinkes Sumbar Siapkan Belasan Pos Kesehatan Lebaran

id Pos Kesehatan

Dinkes Sumbar Siapkan Belasan Pos Kesehatan Lebaran

Ilustrasi Pos Kesehatan. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan belasan pos kesehatan yang tersebar di berbagai titik, untuk melayani masyarakat selama libur Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah.

"Pos kesehatan Lebaran ini dibuka pada H-7 hingga H+7 Idul Fitri di lokasi strategis," kata Kepala Bidang Sumber Daya, Dinas Kesehatan Sumbar, Achmad Mardanus di Padang, Kamis.

Pos kesehatan yang didirikan di Kota Padang berada di Kecamatan Bungus, Lubuk Kilangan, Danau Cimpago Purus, Pantai Air Manis, Stasiun Kereta Api Tabing.

Di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat di kawasan Mandeh, Ketaping Bayang, dan Pasir Putih.

Kota Bukittinggi disiagakan dua posko yaitu di Kebun Binatang dan Jam Gadang.

Untuk daerah Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota ada di Kelok Sembilan, Pangkalan, dan Piladang. Dan beberapa posko di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Selain posko kesehatan, Dinkes Sumbar juga menyiagakan rumah sakit dan puskesmas untuk melayani masyarakat dan pemudik selama 24 jam.

Ia menyebutkan pada setiap pos disediakan dua petugas medik lengkap dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan, obat-obatan dan ambulance.



"Ambulance akan kami siagakan di posko kesehatan 24 jam, terutama pada daerah rawan kecelakaan agar bisa merujuk korban ke rumah sakit," kata Mardanus.

Sementara untuk rumah sakit swasta seperti Yos Sudarso, Ibnu Sina Padang juga telah sepakat untuk melayani seluruh pasien yang masuk, dan penanganan akan dilakukan secepat mungkin.

Seorang warga Kota Padang, Nova Amelia (20) yang akan mudik lebaran dengan naik motor ke Pekanbaru mengatakan keberadaan posko kesehatan ini akan sangat membantu pemudik saat terjadi sesuatu di luar dugaan.

"Posko kesehatan sangat penting jika ada kecelakaan, karena akan langsung dapat pertolongan pertama sehingga meminimalisir risiko lebih berat," kata Nova. (*)