Pengemudi Angkutan di Pasaman Barat Diperiksa Kesehatannya

id angkutan, lebaran, pemeriksaan, kesehatan

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Sebanyak 45 orang pengemudi angkutan umum di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), diperiksa kesehatannya sebagai bentuk persiapan mudik Idul Fitri 1437 Hijriah di posko pemeriksaan terminal Simpang Empat, Kamis.

"Pada pemeriksaan kesehatan yang dilakukan berjakan lancar. Para supir tidak keberatan diperiksa kesehatannya," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman Barat, Bobby P Riza melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian dan Operasional, Irwan Effendi.

Ia menambahkan dari hasil pemeriksaan semuanya sehat dan tidak ada tersangkut dengan narkoba.

"Setelah semunya tes urine maka tidak ada terindikasi narkoba. Namun hanya persoalan penyakit gula dan tensi. Semuanya layak mnegemudi," ujarnya.

Menurutnya Pasaman Barat terpilih bersama sembilan daerah lainnya di Sumbar untuk mendirikan posko pemeriksaan kesehatan sebagai faktor resiko kecelakaan bagi pengemudi.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk pengemudi angkutan orang seperti travel, Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), dan angkutan antarprovinsi.

"Kami mengarahkan angkutan itu ke dalam terminal dan akan memeriksa kesehatan para supirnya," sebut Irwan.

Ia menjelaskan pada posko itu disediakan tiga orang dokter, satu dari provinsi dan dua orang dari dokter kabupaten.

Selain itu juga ada petugas dari Dishubkominfo dan dari jajaran Polres Pasaman Barat yang akan mengarahkan angkutan itu masuk terminal.

"Kami juga akan memantau arus mudik nantinya. Kepada pemudik diharapkan memakai kelengkapan kendaraan dan mematuhi rambu-rambu lalu-lintas," harapnya. (*)