Bupati Pesisir Selatan Luncurkan Toko Tani Indonesia

id Toko, Tani, Indonesia, Pesisir Selatan

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Hendrajoni meluncurkan Toko Tani Indonesia (TTI) di Kecamatan Sutera dalam upaya menstabilkan harga pangan di tingkat petani, Kamis.

"TTI Sutera merupakan yang pertama di Pesisir Selatan, dengan adanya TTI kami berharap bisa menstabilkan harga ditingkat petani," kata dia usai kegiatan tersebut.

Ia menambahkan, dengan adanya TTI maka masyarakat tidak akan dirisaukan dengan lonjakan harga baik pada saat masuknya ramadhan, saat ramadhan, lebaran dan hari besar lainnya yang memungkinkan terjadinya lonjakan harga.

Khusus TTI di Kecamatan Sutera hingga saat ini masih menyediakan beras namun untuk kedepan akan dilengkapi dengan minyak goreng, gula pasir dan kebutuhan pokok lainnya.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh, Pesisir Selatan Emirda Ziswati menjelaskan pangan di TTI Sutera disediakan oleh Gabungan Kelompok Tani Maju Bersama setelah dilakukan penilaian dari Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) yang ada didaerah itu.

"Apabila kedepan pangan yang dihasilkan oleh Gabungan Kelompok Tani Maju Bersama memiliki nilai baik secara kualitas maupun kuantitas maka akan kami promosikan hingga ke ibukota kabupaten," lanjutnya.

Ia berharap kedepan tidak hanya Gabungan Kelompok Tani Maju Bersama yang menyediakan pangan untuk TTI namun ada gabungan kelompok tani lainnya.

Ketua Gabungan Kelompok Tani Maju Bersama, Syafril BJ mengungkap kebanggaannya karena terpilih sebagai gabungan kelompok tani pertama yang dipercaya menyediakan pangan di TTI.

"Ini sebuah kepercayaan dan kepercayaan ini akan kami jaga dan pastinya akan memotivasi untuk menghasilkan pangan yang berkualitas," tambahnya. (*)