PDAM Sawahlunto Upayakan Pasokan Air Bersih Terjaga

id PDAM Sawahlunto

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat(Sumbar), mengupayakan kestabilan pasokan air bersih bagi pelanggan kota itu, selama cuti lebaran 1437 Hijriyah.

"Meskipun dalam masa cuti, kami tetap memberlakukan piket bagi pegawai dengan sistem pergantian antar waktu setiap harinya," kata Direktur PDAM setempat, Syafnil, di Sawahlunto, Jumat.

Petugas piket tersebut, lanjutnya, diberikan tanggung jawab untuk memastikan tidak terjadi gangguan distribusi air bersih akibat kerusakan pada instalasi pipa induk di seluruh cakupan wilayah layanan perusahaan tersebut.

Jika terjadi gangguan, pihaknya juga telah memberlakukan standar operasional prosedur pemenuhan pasokan air bersih kepada pelanggan, dengan menggunakan armada mobil tanki pengangkut air bersih.

Dia menambahkan, hingga memasuki pekan terakhir bulan suci Ramadhan 2016, pihaknya belum menerima laporan terkait adanya kerusakan pada jaringan pipa induk.

"Seluruhnya sudah diatasi jelang memasuki Ramadhan 1437 Hijriyah dan diharapkan kestabilan pasokan tersebut bisa terus terjaga," ujar dia.

Terkait fungsi pelayanan penerimaan pembayaran rekening pemakaian air bersih oleh pelanggan, dia menjelaskan seluruhnya ditangani pihak ketiga yang menjadi mitra PDAM Sawahlunto.

Dari informasi terakhir yang diterima pihaknya, seluruh loket pembayaran tersebut tidak beraktifitas hingga berakhirnya cuti lebaran pada 11 Juli 2016.

Pihaknya mengimbau seluruh pelanggan agar segera melunasi tagihan secepat mungkin, guna menghindari terkena sanksi denda keterlambatan.

"Kami mengucapkan selamat berlebaran bagi semua pelanggan kami yang terhormat dan memohon maaf yang sebesar-besarnya jika kami belum bisa memberikan layanan sesuai harapan pelanggan," lanjut dia.

Sementara itu, salah seorang pelanggan air bersih kota itu, Rika Arnelia, mengharapkan pasokan air tetap lancar selama cuti lebaran kali ini.

"Tidak terbayangkan bagaimana sulitnya jika berlebaran tanpa air bersih, untuk itu kami sebagai pelanggan mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan pihak manajemen PDAM Sawahlunto," jelas dia. (*)