RPHM Payakumbuh Dioperasikan Juli 2016

id RPH, Payakumbuh, Operasional

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Rumah Potong Hewan Modern (RPHM) milik milik Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat yang berada di Kota Payakumbuh akan dioperasikan mulai Juli 2016.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi di Payakumbuh, Jumat, mengatakan pengoperasian RPHM yang berada di Kelurahan Kotopanjang Payobasuang Kecamatan Payakumbuh Timur itu rencananya akan diresmikan oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno pada Sabtu (2/7).

"Meski terlambat, kami bersyukur dan mengapresiasi Pemprov Sumbar yang terus berjuang, mempercepat proses beroperasinya RPHM ini. Rencana, bapak gubernur memastikan akan datang melakukan pengoperasiannya," tambah dia.

Ia menerangkan, pembangunan RPHM itu sudah dirancang sejak 2008 lalu, pembangunannya diawali dengan membangun fisik bangunan, kemudian disusul dengan pengadaan mesin potong hewannya.

Pembangunannya berkat kerjasama Pemrov Sumbar, Kementerian Pertanian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Pemerintah Spanyol.

"Karena mesin potong hewan merupakan bantuan Spanyol, teknisi yang ada di Sumbar harus mempelajari cara pengoperasannya," ujar dia.

Riza menyebutkan, pengoperasian RPHM tersebut salah satu peluang usaha yang bakal mempercepat peningkatan kesejahteraan peternak.

Tinggal lagi, bagaimana masyarakat Payakumbuh menyambut positif program tersebut, sehingga masyarakat siap mengembang ternak untuk memenuhi kebutuhan RPHM itu.

Salah seorang masyarakat Payakumbuh, Nasril mengemukakan keberadaan RPHM tersebut harus dimanfaatkan oleh para peternak di Kota Payakumbuh dan kabupaten Limapuluh Kota untuk memenuhi pasokan daging di Sumbar.

RPHM tersebut mampu memotong dalam jumlah yang tinggi, sehingga dapat menyiapkan daging dalam waktu yang cepat.

Ia menambahkan, tinggal lagi ke depannya bagaimana pemerintah mampu menyiapkan ternak yang akan disemblih, jangan sampai terjadi kelangkaan ternak nantinya. (*)