Sudah 19.535 Pemudik Naik-Turun di Tanjung Priok

id pemudik, tanjung, priok

Jakarta, (Antara Sumbar) - Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok menyatakan hingga H-5 Idul Fitri, sudah 19.535 pemudik yang naik dan turun di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta.

"Sampai H-5 hari ini, dari yang terpantau sudah 19.535 pemudik yang naik dan turun di Pelabuhan Tanjung Priok, namun ini belum final karena menunggu rekapitulasi akhir pada pukul 24.00 WIB," kata Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Operasi dan Usaha Kepelabuhan Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Capt. Hermanta di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat.

Jumlah yang dipantau oleh otoritas sejak H-18 Idul Fitri 2016 tersebut, kata Hermanta, menurun signifikan dibanding periode yang sama tahun 2015.

"Dalam periode yang sama, pada tahun 2015 tercatat 22.598 pemudik yang naik dan turun di pelabuhan Tanjung Priok untuk tujuan dari dan ke Kepulauan Riau, Bangka Belitung dan Pontianak, artinya ada penurunan sekitar 13,55 persen," kata dia.

Kendati ada penurunan, Hermanta menyatakan masih ada peningkatan animo pemudik yang naik dan turun di Pelabuhan Tanjung Priok pada H-18 sampai H-13 dengan pertumbuhan 69,07 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jumlahnya dalam periode itu, pada tahun ini 5.882, naik dibandingkan tahun lalu yang tercatat di angka 3.479. Kenaikan pada awal musim mudik itu karena para pemudik banyak yang mengambil cuti sebelum cuti bersama," tuturnya.

Hermanta menambahkan meski ada prediksi dari Kepolisian dan Kementerian Perhubungan puncak arus mudik terjadi pada H-3, pihaknya tidak akan menambah jumlah armada kapal yang dioperasikan yaitu 19 kapal, karena dirasakan masih mencukupi.

Untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan pemudik, pihak pelabuhan juga mengharuskan nakhoda dan awak kapal melewati tes urine untuk mengetahui kandungan alkohol atau narkotika dalam tubuhnya.

"Kami mengharuskan kapten kapal dan perwira harus sehat dan tidak sakit atau bahaya narkotika, sebagai bagian dari prioritas pelayanan untuk keselamatan dan keamanan pemudik," ujarnya.

Dalam pelayanan saat musim mudik 2016 ini, pihak Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok juga mendirikan berbagai posko antara lain keamanan yang dibantu oleh unsur Polri dan TNI serta kesehatan dari tim kesehatan pelabuhan Tanjung Priok. (*)