Polres Siapkan Pos Pengamanan-Pelayanan Lebaran

id Polres

Polres Siapkan Pos Pengamanan-Pelayanan Lebaran

()

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), siapkan tiga pos pengamanan dan sembilan pos pelayanan di daerah itu selama lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan) sudah berjalan sejak H-7 lebaran. Direncanakan pospam dan posyan akan berlangsung sampai H+7 lebaran," kata Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Djoko Ananto di Simpang Empat, Sabtu.

Ia menambahkan pospam di pusatkan di bundaran Simpang Empat. Sedangkan posyan lebih diberatkan ke pusat objek wisata yang ada.

Posyan itu ada di Pantai Sasak, Pantai Air Bangis, Lubuak Landua, Pantai Muaro Binguang, waterboin Padang Tujuh dan di sejumlah objek wisata lainnya.

Kami siap mengamankan masyarakat yang mudik maupun yang berwisata saat Lebaran, ujarnya.

Menurut Kapolres, dalam pengaman Lebaran yang dimulai -7 dan +7 Lebaran, pihaknya menerjunkan sekitar 2/3 kekuaran atau 210 personil anggota Polres dan Polsek dan sejumlah personil instansi samping ( TNI/Satpol PP, Dishub, BPBD, PMI) dan pihak rumah sakit.

Sedangkan untuk pengamanan lebaran di laut, pihaknya juga menyediakan perahu dan kapal cepat dari Polair Air Bangis. Selain itu juga perahu karet dari instansi lainnya.

"Intinya pada Polres Pasaman siap memberikan pengamanan pada pusat-pusat keramaian, objek wisata baik di darat, laut, rawan terjadi tindakan kriminal. Bagi masyarakat yang mencurigai atau melihat terjadinya tindakan kriminal silakan melapor ke pos-pos polisi terdekat atau Polsek," lanjutnya.

Pihaknya juga mengajak warga bekerja sama membantu pengamanan lebaran. Tanpa kerja sama yang baik maka keamanan dan ketertiban masyarakat sulit tercapai.

"Laporkan setiap kejadian atau peristiwa yang ada sehingga akan cepat diberikan bantuan," tegasnya.