Pemkot Padang Lanjutkan Pembongkaran Bangunan di Bypass

id Eksekusi Bangunan

Pemkot Padang Lanjutkan Pembongkaran Bangunan di Bypass

Alat berat melakukan pembongkaran bangunan untuk pembangunan jalur dua Bypass di Kelurahan Kuranji, Padang. (Mario Rosari Nasution/Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Tim gabungan Pemerintah Kota Padang, TNI, Polri, pagi ini kembali melanjutkan pembongkaran bangunan yang masih berdiri pada lahan jalur dua Bypass di lima kelurahan.

"Kita masih mengerjakan pembongkaran yang tersisa di Kelurahan Kuranji, namun fokus kita sekarang di Kelurahan Sungai Sapih, Sungai Sariak, Kalumbuk dan Kelurahan KPIK," kata Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Sumintak di Padang, Rabu.

Anggota yang dikerahkan masih sama seperti kemaren yakni 600 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dishubkominfo, BPBD dan instansi terkait lainnya.

Dari pihak kepolisian sendiri menurunkan sebanyak 181 personel dari Polresta Padang, Polda Sumbar dan Brimob.

Ia mengatakan penertiban hari ini lebih sedikit dari pada eksekusi yang dilakukan kemaren yang mencapai 31 titik pembongkaran.

Sementara itu, Kepala Bidang Damkar BPBD-PK Padang, Harri Fidrian mengatakan pihaknya akan ambil bagian dalam penertiban ini.

"Kita menurunkan dua regu pada hari kedua ini terdiri dari Damkar dan BPBD," ujar dia.

Selain personel pihaknya juga menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran dan mobil reaksi cepat untuk bersiaga di lokasi penertiban.

"Kita harapkan penertiban hari kedua ini berjalan lancar dan tertib, tidak ada penolakan yang berujung bentrok dengan warga," kata dia pula.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan semua persoalan yang menghalangi eksekusi lahan untuk pembangunan jalur dua Bypass telah diselesaikan sesuai dengan aturan hukum yang ada.

"Kita telah tunaikan semua hak warga, saat ini kita melakukan tugas kita membebaskan lahan agar pembangunan jalur dua ini bisa cepat selesai," kata Mahyeldi. (*)