BMKG: Sumbar Diguyur Hujan Hingga Jumat Sore

id Hujan Lebat

BMKG: Sumbar Diguyur Hujan Hingga Jumat Sore

Ilustrasi, hujan. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping, Padangpariaman, Sumatera Barat, menyatakan wilayah Sumbar diguyur hujan hingga Jumat sore.


"Hujan sudah turun sejak Kamis malam, setelah dipantau kami prediksi beberapa daerah Sumbar masih diguyur hujan hingga Jumat sore," kata Kepala Seksi dan Informasi BMKG Ketaping, Budi Samiaji, di Padangpariaman, Jumat.

Beberapa daerah yang diguyur hujan tersebut yaitu Kota Padang, Kabupaten Agam, Bukittinggi, sebagian Padang Panjang, Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Kemudian daerah lainnya yang turun hujan adalah Sawahlunto, Sijunjung, Solok dan sepanjang pesisir juga diguyur hujan.

Budi menyebutkan secara umum hujan yang turun sejak Kamis malam dengan intensitas bervariasi yaitu ringan hingga lebat.

Selanjutnya, ia mengatakan saat ini tidak hanya hujan yang turun, namun juga disertai angin kencang seperti di daerah Pesisir Pantai dan sebagian Kota Padang.

"Daerah pesisir tidak hanya turun hujan lebat, namun juga angin kencang dengan kecepatan 21 hingga 40 kilometer per jam," kata dia.

Budi mengimbau warga Sumbar agar berhati-hati terhadap wilayah yang rawan longsor seperti Jalan Lintas Sumatera Padang Panjang tepatnya di Silaiang Kariang, dan beberapa daerah lainnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Zulfiatno mengatakan pergerakan tanah di sejumlah daerah Sumatera Barat cukup tinggi dan berpotensi longsor, terutama pada musim hujan, karena itu masyarakat diingatkan untuk waspada.

"Secara umum daerah Agam, Solok dan Pasaman memiliki pergerakan tanah yang relatif tinggi. Pada musim hujan, masyarakat harus waspada," katanya. (*)