Pasukan Kuning Ajak Masyarakat Aktif Jaga Kebersihan

id Bukittinggi

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Petugas kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), atau biasa disebut pasukan kuning mengajak masyarakat setempat berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan.

Hal itu dilakukan agar daerah tersebut dapat mempertahankan Piala Adipura yang baru saja diraih kembali setelah 20 tahun.

"Penghargaan ini menjadi motivasi baru bagi kami agar tahun depan harus lebih bersih sehingga masyarakat juga harus lebih aktif menjaga kebersihan," kata salah seorang petugas penyapu jalan DKP, Bujang Zal di Bukittinggi, Sabtu.

Ia mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan di jalan. Bila sedang berada di dalam kendaraan, hendaknya kumpulkan sampah di satu wadah untuk dibuang saat telah menemukan tempat sampah.

Hal yang sama juga disampaikan oleh petugas lainnya.

"Tantangan ke depan tentu semakin besar karena biasanya mempertahankan sebuah prestasi lebih berat dari pada meraihnya," ujar petugas supir truk pengangkut sampah, Hendra.

Menurutnya Piala Adipura tersebut menjadi penghargaan membanggakan bagi semua petugas kebersihan dan masyarakat sehingga ke depan harus tingkatkan kerja sama dalam menjaga kebersihan kota.

"Kami juga mengharapkan ada peningkatan kesejahteraan dari segi kesehatan dan ekonomi bagi semua petugas kebersihan dari pemerintah," tambahnya.

Sementara, Wali Kota setempat M Ramlan Nurmatias mengatakan akan memberikan penghargaan bagi pasukan kuning tersebut karena keberhasilannya membantu kota meraih Adipura.

"Sesuai dengan janji yang telah disampaikan, kami akan berikan bonus namun saat ini belum dapat disampaikan bagaimana bentuknya. Tunggu saja tanggalnya," sebutnya.

Ramlan menyebutkan, juga akan memberikan perhatian bagi kondisi kesehatan para petugas.

"Petugas setiap hari bekerja berhadapan dengan sampah. Kondisi kesehatan mereka tentu menjadi perhatian. Kami akan instruksikan Dinas Kesehatan untuk pelayanan pengecekan kesehatan bagi pasukan kuning paling tidak satu kali dalam tiga bulan agar mereka dapat bekerja dengan maksimal untuk mempertahankan penghargaan ini tahun selanjutnya," jelasnya.