211 Calon Haji Tanah Datar Ikuti Manasik Gabungan

id calon haji

211 Calon Haji Tanah Datar Ikuti Manasik Gabungan

( )

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Sebanyak 211 calon haji Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mengikuti manasik gabungan selama dua hari di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar.

Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar Malikia saat acara pembukaan manasik, Sabtu, mengatakan penyelenggaraan haji di daerah ini masih yang terbaik bila dibandingkan kabupaten atau kota lainnya di Sumbar.

"Karena setiap tahun kita selalu melakukan kegiatan manasik haji gabungan selama dua hari semalam itu," katanya.

Ia mengapresiasi panitia penyelenggara manasik haji di kecamatan yang secara mandiri melaksanakan manasik di masing-masing kecamatan.

"Mudah-mudahan dengan inisiatif dan niat yang ikhlas melaksanakan manasik mandiri itu dapat memudahkan kita dalam melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci nanti," kata Malikia.

Ia meminta kepada setiap ketua rombongan untuk dapat mengatur anggotanya dengan baik sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lancar.

Malikia juga meminta kepada seluruh calon haji untuk menjaga kesehatan, mengatur pola makan sehingga tetap bugar menjelang berangkat ke Makkah.

Sementara itu, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tanah Datar Algafari mengimbau seluruh calon haji untuk tetap mengulang kegiatan manasik haji secara mandiri di tempat masing-masing.

"Kita berharap seluruh calon haji Tanah Datar dapat berangkat ke Tanah Suci dimana mereka tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 8 bersama calon haji dari Kota Padang Panjang dan sebagian Kota Padang," katanya.

Algafari juga mengharapkan para calon haji selalu menjaga kesehatan karena hal itu sangat penting sehingga rencana untuk menunaikan ibadah haji tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar serta meraih predikat haji dan hajah yang mabrur.