Ratusan Peserta Ikuti Sepeda Santai Peringati Perang Manggopoh

id sepeda

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Ratusan peserta mengikuti sepeda santai dalam rangka memperingati perang Manggopoh ke 108 di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Minggu.

"Peserta ini berasal dari Agam, Pasaman Barat, Pasaman dan lainnya," kata Ketua Pelaksana, Marta Rano Pati di Lubuk Basung, Minggu.

Ia menambahkan, peserta ini akan melewati rute dengan panjang sekitar 28 Kilometer dengan start di halaman pertemuan Manggopoh dan finish di halaman pertemuan itu.

Peserta akan mengelilingi Kecamatan Lubuk Basung seperti, Simpang Gudang, Ujung Padang, Kampuang Pinang, Sport Center, Padang Baru, Sangkir, Garagahan dan Batuhampa.

Panitia menyediakan tiga pos dan peserta akan mendapatkan stempel dari panitia saat melewati pos itu.

"Panitia juga menyediakan hadiah seperti, sepeda motor, lemari es, sepeda dan hadiah lainnya. Sepeda santai ini setiap tahun diadakan dalam rangka memperingati perang Manggopoh," katanya.

Wakil Bupati Agam, Trianda Farhan Satria, mengatakan, berharap kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan seperti ini, karena badan bisa menjadi sehat.

"Selalu tampil saat kegiatan ini sehingga terhindar dari berbagai penyakit," katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat Jefrinal Arifin, memberikan apresiasi kepada panitia yang telah mengadakan kegiatan ini.

"Saya berharap kegiatan ini dipertahankan dan ditingkatkan lagi," katanya.