Payakumbuh Butuh Tambahan Armada Pengangkut Sampah

id Sampah

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, membutuhkan penambahan armada pengangkut sampah untuk menunjang kinerja petugas menciptakan kebersihan di daerah itu.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (DTRK) Kota Payakumbuh Elfi Jaya di Payakumbuh, Minggu, mengatakan jumlah armada saat ini tidaknya berkolerasi dengan jumlah penduduk dan produksi sampah.

"Armada pengangkutan sampah yang ada saat ini masih kurang, selain itu usianya mayoritas lebih dari 10 tahun," tambah dia.

Ia mengemukakan saat ini pihaknya hanya memiliki 18 armada truk, dimana idealnya Payakumbuh punya 25 truk. Selain itu, DTRK juga mempunya 22 becak motor untuk menanggulangi kekurangan armada truk

"Selain truk, juga ada becak motor mengumpulkan sampah sampai ke daerah pemukiman yang memiliki gang atau jalan kecil," sebut dia.

Menurutnya, jika dibandingkan antara produksi sampah dengan armada yang ada, maka petugas setiap hari terpaksa harus bergantian mengangkut sampah ke Tempat pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Kapalo Koto, Payakumbuh Selatan.

Elfi menerangkan, pihaknya akan mengajukan permintaan penambahan armana berupa truk sampah setiap tahun melalui APBD Payakumbuh hingga jumlahnya memadai.

Ia menambahkan, kondisi truk saat ini yang usianya lebih lebih dari 10 tahun juga akan memakan biaya pemeliharaannya akan besar, apalagi jam kerjanya tinggi akibat kekurangan armada.

Warga Payakumbuh, Safrianto menilai sudah saatnya Pemkot Payakumbuh menambah armada sampah untuk menunjang kinerja petugas kebersihan di daerah itu.

Menurutnya, bagaimanapun semangatnya petugas kebersihan jika tidak ditunjang dengan armada juga akan sulit menciptakan suasana yang bersih.

"Armada salah satu kebutuhan penting petugas kebersihan, sudah sepantasnya armada tersebut ditambah," lanjut dia.