Wali Kota : ASN Seimbangkan Waktu Kerja-Istirahat

id Mahyeldi Ansharullah

Wali Kota : ASN Seimbangkan Waktu Kerja-Istirahat

Mahyeldi Ansharullah (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di kotanya dapat menyeimbangkan waktu bekerja dan istirahat.

"Kepada ASN diharapkan bekerja pada saat waktunya dan istirahat pada waktunya," katanya di Padang, Senin.

Menurutnya waktu saat istirahat siang memang harus dimanfaatkan untuk beristirahat, seperti makan, shalat atau tidur-tiduran santai.

Dalam hal ini dirinya tidak menghendaki ASN di lingkungan kerjanya terus bekerja saat waktu istirahat siang.

Sebab katanya, hal ini dapat berimplikasi pada pelayanan karena kelelahan.

"ASN di sini bisa mencontoh di luar negeri yang memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur," tambah dia.

Ia menjelaskan hal ini penting untuk mengembalikan stamina yang terkuras selama bekerja sejak pagi.

"Dengan tidur sebentar, tubuh akan sedikit pulih dan malam akan tidur lelap dan pulas," ujarnya.

Disamping mendisiplinkan diri sendiri, ASN juga perlu memberikan pengarahan pada masyarakat sebagai objek dalam pelayanan.

"Masyarakat juga perlu diarahkan untuk mematuhi aturan khususnya waktu pelayanan dan istirahat serta terus memupuk kesabaran," terangnya.

Mahyeldi berharap imbauan ini bermanfaat bukan hanya ASN di Pemkot Padang saja, namun bisa diaplikasikan di instansi lainnya sebagai contoh di perguruan tinggi.

Sementara itu salah satu warga Padang, Prisca berharap banyaknya imbauan yang diberikan pimpinan lewat media dapat menyadarkan ASN tentang kinerja pelayanannya.

Disamping itu dia juga mengharapkan adanya sanksi tegas bagi ASN yang lalai dalam pelayanan dan lebih mementingkan kebutuhan pribadinya.

Terlebih yang tersangkut kasus kriminal atau pidana seperti penyalahgunaan narkotika, seperti yang terjadi beberapa waktu terakhir. (*)