Unand Tuntaskan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2016

id Unand

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, secara resmi menuntaskan seluruh tes dan jalur masuk seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2016.

"Kami telah selesai melaksanakan ujian bersama mandiri pada Minggu (24/7), yang menjadi jalur penerimaan mahasiswa terakhir tahun ini," Kata Rektor Unand Prof Tafdil Husni melalui Kepala Humas Eriyanty, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan sebelum ujian bersama mandiri, Unand telah menerima mahasiswa sebanyak 4.551 orang dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Kemudian dari Program Afirmasi Kemenristek Dikti ADIK Papua- Unand menerima sebanyak 24 orang dan mahasiswa Kedokteran asal Malaysia sebanyak 15 orang.

"Selain menerima mahasiswa masuk, Unand juga menerima mahasiswa kerja sama dengan beberapa instansi," katanya.

Sedangkan untuk jalur ujian bersama mandiri yang baru selesai ujiannya diprediksi akan mengambil mahasiswa sebanyak 1300 orang lebih atau sekitar 25 persen dari jumlah keseluruhan.

"Saat ini mahasiswa yang telah diterima sudah menyelesaikan pembinaan Karakter Andalasian dan Wawasan Kebangsaan," ujar dia.

Mahasiswa hasil ujian mandiri akan melaksanakan kegiatan serupa setelah pengumuman tanggal 31 Juli 2016 dan pendaftaran 2 Agustus 2016.

Kemudian pada tanggal 8 Agustus 2016 akan dilaksanakan orientasi mahasiswa Bimbingan Aktifitas Kemahasiswaan dan Tradisi Ilmiah (BAKTI) selama seminggu.

Baru pada tanggal 15 Agustus 2016 seluruhnya melaksanakan kuliah baik program strata satu, Pascasarjana, dan Diploma.

Sementara itu salah satu mahasiswa Diplona Unand, Ratih berharap mahasiswa baru yang masuk cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Terutama dalam melakukan afiliasi dengan perangkat kampus dan seniornya di kelas.

Sebab dengan begitu akan mempercepat meraih prestasinya. (*)