Tjoa Kwa Juarai Barongsai Tradisional Fobi Sumbar

id Barongsai

Tjoa Kwa Juarai Barongsai Tradisional Fobi Sumbar

Ilustrasi, Barongsai. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Tim Tjoa Kwa Dragon dan Lion Dance A menjadi juara kategori barongsai tradisional dalam even Kejurda Federasi Olahraga Barongsa Indonesia (FOBI) Sumatera Barat (Sumbar), yang digelar pada Minggu (24/7).

"Penentuan juara itu setelah dilakukan penjumlahan poin secara keseluruhan dari juri," kata Bidang Humas Kejurda FOBI Sumbar, Tanhar di Padang, Senin.

Ia menyebutkan secara umum juri memutuskan dan memberi nilai setelah masing-masing tim bertandingt, baik itu barongsai kategori tradisional maupun naga.

Data pemenang kategori Barongsai tradisional itu ialah juara I diraih nomor urut 7 yakni tim Tjoa Kwa Dragon dan Lion Dance A dengan nilai 8,58. Juara II yakni nomor urut 5 HBT A dengan nilai bersih 8,40. Juara III dengan nomor urut 2, diraih Hok Tek Tong dengan nilai 8,26.

Sementara Juara IV nomor urut 3, diraih Tjoa Kwa Dragon dan Lion Dance B dengan perolehan nilai bersih 8,23, juara V dengan nomor urut 4 diraih oleh HBT B dengan perolehan nilai 9,90. Lalu, juara VI dengan nomor urut 6 diraih Himpunan marga Huang dengan perolehan nilai 7,73 serta juara VII dengan nomor urut 1 diraih Barongsai KSI Kota Solok dengan sukses memeroleh nilai 6,21.

Untuk kategori naga, sebagai juara I diraih peserta nomor urut 2 dari Himpunan Marga Lim dengan nilai 8,80, juara II diraih peserta nomor urut 3 yakni HTT dengan perolehan nilai 8.05 dan juara III diraih peserta nomor urut 1 yakni dari HBT dengan nilai 7,65.

Sementara Sekjen Pengurus Besar FOBI, Xaverius menjelaskan, setelah Kejurda FOBI Sumbar yang sukses digelar pada Minggu (24/7), maka pemerintah Provinsi Sumbar mempertegas tim untuk berangkat pada eksebisi PON XIX/2016 September 2016.

"Kami menyerahkan sepenuhnya putusan pada Pemprov. ke pengprov. Kalau bisa seluruhnya ikut eksebisi," ujarnya.

Sebelumnya Kejurda FOBI Sumbar dibuka Resmi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada Minggu (24/7) pukul 09.00 WIB di Gor HTT Pondok.

Irwan mengapresiasi kegiatan FOBI Sumbar itu dan berharap nantinya dapat menjadi wadah dalam memilih para atlet untuk dikirim ke PON XIX Jabar pada September 2016.

Mudah-mudahan menghasilkan para atlet yang bisa membawa nama Sumbar ke nasional, katanya. (*)