Asita: Pengaktifan Penerbangan Rute Padang-Singapore Sedang Diusahakan

id Asita

Asita: Pengaktifan Penerbangan Rute Padang-Singapore Sedang Diusahakan

Logo ASITA. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) Sumatera Barat, Ian Hanafiah mengatakan pihaknya sedang mengusahakan pengaktifan penerbangan rute Padang-Singapore guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbar.

"Kami sudah mendorong Pemerintah Provinsi dan Kementerian Perhubungan untuk dapat mengaktifkan kembali rute penerbangan Padang-Singapore," katanya di Padang, Senin.

Ia menjelaskan saat ini para wisatawan yang hendak berkunjung ke Sumbar harus ke Pekanbaru, Riau dahulu setelah itu melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan darat.

Alternatif lain transit di Jakarta terlebih dahulu dengan biaya perjalanan yang semakin besar, sehingga wisatawan harus berfikir dua kali untuk datang ke Sumbar.

"Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing tentu rute penerbangan tersebut sangat berpengaruh, ditambah lagi dengan minat wisatawan asing saat ini sedang tinggi," tambahnya.

Ia mengatakan pihaknya beberapa kali melakukan promosi ke Singapore dan sambutan dari warga di sana sangat positif, namun terkendala fasilitas transportasi.

Kepada Kementerian Pariwisata Indonesia dapat menyampaikan permasalahan ini kepada Kementerian Perhubungan agar cepat terealisasi.

"Kami berharap ini cepat terlaksana, agar kunjungan wisatawan asing meningkat dan ekonomi daerah juga meningkat, sehingga negara kita dapat sejahtera," kata dia.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Padang Hafni (22) mengatakan seandainya dibuka jalur penerbangan rute Padang-Singapore maka wisatawan baik dari Indonesia maupun dari Singapore tidak harus transit lagi.

"Saya sendiri sangat mengapresiasi jika dibuka rute penerbangan tersebut, karena dari Padang ke Singapore itu jika menggunakan pesawat hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit, saat ini harus menunggu transit berjam-jam untuk sampai di sana," kata Hafni. (*)