Muspika Sutera Musnahkan Ratusan Pistol Mainan

id Muspika Sutera

Painan, (Antara Sumbar) - Musyawarah Pimpinan Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, memusnahkan ratusan pistol mainan di halaman kantor camat setempat, Senin pagi.

Kapolsek Sutera AKP Zulkifli di Painan, usai kegiatan itu, mengatakan pistol mainan itu disita dari sejumlah anak-anak yang menggunakannya pada libur Lebaran 2016.

"Harapan kami setelah dilakukan penyitaan ada efek jera sehingga mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi," kata dia.

Ia mengatakan karena maraknya penggunaan pistol mainan selama libur Lebaran 2016 pihaknya menerima empat laporan lisan kegaduhan di berbagai lokasi.

"Ada sesama orang tua yang cekcok usai anaknya berkelahi setelah menggunakan pistol mainan dan ada juga sesama anak-anak, yang jelas keberadaan pistol mainan cukup mengganggu maka dari itu kami lakukan langkah antisipasi," kata dia.

Camat Sutera Fachruddin menyayangkan maraknya penggunaan pistol mainan di lingkungan anak-anak di kecamatan itu.

"Namanya saja pistol mainan namun bisa berakibat fatal bahkan pada kejadian beberapa tahun terakhir ada warga yang harus dioperasi karena matanya tertembak benda itu," katanya.

Ia juga menyesalkan rasa sayang orang tua yang diwujudkan dengan membelikan anak-anak benda-benda yang membahayakan.

"Kalau sayang sama anak jangan belikan pistol mainan karena masih banyak mainan lain yang bermanfaat apalagi benda itu cukup berbahaya baik bagi anak maupun orang lain," kata dia. (*)