Presiden Dijadwalkan Lantik Perwira Remaja TNI-Polri

id Jokowi, Lantik, Perwira, Remaja, TNI-Polri

Presiden Dijadwalkan Lantik Perwira Remaja TNI-Polri

Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO)

Magelang, (Antara Sumbar) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik perwira remaja TNI-Polri dalam upacara Prasetya Perwira Remaja TNI-Polri 2016 di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer Magelang pada Selasa (26/7).

Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI , Mayjend TNI Bayu Purwiyono di Magelang, Senin, mengatakan para prajurit taruna remaja yang akan dilantik terdiri atas Akademi Militer (Akmil) 221 taruna, Akademi Angkatan Laut (91) dan Akademi Angkatan Udara (108) dan Akademi Kepolisian (300).

Ia mengatakan dari 720 taruna yang akan dilantik presiden tersebut, 49 orang di antaranya merupakan taruni berasal dari Akademi Kepolisian.

Ia menuturkan para taruna yang akan dilantik menjadi perwira tersebut telah menjalani pendidikan selama empat tahun, yakni satu tahun di Resimen Chandra Dimuka dan tiga tahun di masing-masing akademi.

"Para perwira remaja TNI tersebut setelah dilantik dan diambil sumpahnya berhak menyandang pangkat letnan dua (letda) bagi lulusan dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut dan Akademi Angkatan Udara, sedangkan untuk lulusan Akademi Kepolisian berhak menyandang pangkat inspektur dua (Ipda)," katanya.

Ia mengatakan sejak tahun 2011 perwira remaja lulusan Akademi TNI selain mendapatkan pangkat letnan dua juga berhak menyandang gelar sarjana terapan bidang pertahanan (S.T.Han). Kemudian lulusan Akademi Kepolisian mendapatkan gelar sarjana terapan kepolisian (S.Tr.K).

"Gelar sarjana tersebut diperoleh dari penyelenggaraan pendidikan vokasi program jenjang diploma IV di masing-masing akademi angkatan," katanya.

Ia menyebutkan lulusan terbaik dari masing-masing Akademi TNI-Polri memperoleh anugerah Adhimakayasa.

Mereka yang berhak atas anugerah Adhimakayasa, yakni Letda (Inf) Tri Ageng Widhi Nugroho S.T.Han (Akmil), Letda (Pelaut) Anka Samudera S.T.Han (AAL), Letda (Teknik) Juliar Dwidya Firmansyah S.T.Han (AAU) dan Ipda Nahal Rizaq S.Tr.K (Akpol). (*)