Pasaman Barat Turunkan 518 Amankan TdS

id TdS, Pasaman Barat, Pengamanan

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), menurunkan sekitar 518 orang personel untuk pengamanan Tour de Singkarak (TdS) etape 3 pada 8 Agustus 2016.

"Benar, jumlah itu merupakan gabungan dari personil Polres Pasaman Barat dengan instansi terkait," kata Kepala Sub Bagian Operasional Polres Pasaman Barat, AKP Muddasir di Simpang Empat, Senin.

Ia menambahkan jumlah personil itu terdiri dari 331 personil Polres Pasaman Barat, 50 orang personil Satuan Polisi Pamong Praja, 50 orang dari Dinas Perhubungan dan 35 orang personil TNI.

Selain itu juga ada personil Dinas Kebudayaan Pariwisata sebanyak 17 orang, 15 orang personil Dinas Kesehatan, 10 orang personil Orari dan 10 orang personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menurutnya, personil itu nantinya akan ditempatkan di sepanjang rute yang akan dilalui pembalap TdS.

"Tentunya kami tempatkan sesuai skala prioritas. Yang jelas tentu dipersimpangan dan lokasi keramaian akan ada personil yang akan menjaganya," sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pasaman Barat, Abdi Surya menegaskan siap melaksanakan TdS pada 8 Agustus nanti.

Ia menjelaskan para pembalap etape 3 akan menempuh jarak sekitar 122, 8 kilometer dari Bonjol Kabupaten Pasaman menuju Simpang Empat Pasaman Barat.

"Pada prinsipnya kami siap menyambut ajang tahunan TdS yang secara resmi akan digelar pada 6 hingga 14 Agustus 2016. Pasaman Barat siap menjadi tempat finish pada etape tiga," tegasnya.

Ia menambahkan pada atape tiga tersebut, pembalap akan menempuh jalur Bonjol Pasaman, Lubuk Sikaping, Panti Talu dan Simpang Empat.

"Mudah-mudahan pelaksanaan TdS di Pasaman Barat dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya.

Ia mengharapkan kepada masyarakat agar ikut menyukseskan pelaksanaan TdS di Pasaman Barat.

Sebab, tanpa dukungan masyarakat maka pelaksanaan TdS tidak akan sukses. (*)