Wabup Pasaman Buka MTQ ke-45

id mtq#pasaman

Wabup Pasaman Buka MTQ ke-45

Wabup Pasaman Atos Pratama saat membuka kegiatan MTQ ke-45 Tingkat Lubuk Sikaping di Nagari Durian Tinggi, Selasa. (Riko Saputra)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Pasaman, Sumatera Barat, Atos Pratama membuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 tingkat Lubuk Sikaping yang akan diikuti oleh kafilah masing-masing perwakilan nagari (desa adat) di daerah itu, Selasa.

"Pelaksaan MTQ ini merupakan cerminan nuansa keagamaan kita sebagai umat Islam. Melalui

kegitan ini pemerintah daerah bersama masyarakat berupaya membangun sikap dan mental spiritual yang sejalan dengan visi dan misi pemkab Pasaman yakni mewujudkan masyarakat Pasaman yang sejahtera, agamis dan berbudaya," ujarnya di Lubuk Sikaping, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan MTQ ini juga sebagai upaya untuk memacu semangat generasi muda dalam pembinaan, mempelajari dan memahami ayat-ayat Alquran.

"Pemerintah daerah juga akan lebih meningkatkan perhatian dibidang keagamaan dengan

cara menyediakan anggaran yang cukup untuk pembinaan guru-guru Taman Pendidikan Alquran (TPA/TPQ) dan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), pelaksanaan kegiatan didikan shubuh dan gerakan masyarakat maghrib mengaji," katanya.

Ia berharap dengan menggemanya lantunan ayat suci Alquran mampu menyentuh jiwa agar selalu dan senantiasa membaca, mempelajari dan mengamalkan kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita mengajak kepada tokoh masyarakat, orangtua dan tokoh agama untuk menyukseskan pelaksanaan MTQ ini. Mari kita beri semangat dan dukungan kepada qori dan qoriah yang akan bertanding ini. Mudah-mudahan yang menjadi pemenang nantinya dapat mewakili Pasaman pada tingkat yang lebih tinggi lagi," ujarnya.

Kepada dewan hakim atau dewan juri, kata dia, dapat memberikan penilaian dengan senntiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan keadilan.

"Untuk ke depannya, diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan MTQ ini dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) yang bermoral, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak yang baik," tambahnya.

Sementara itu Camat Lubuk Sikaping, Aksan mengatakan kegiatan MTQ ke-45 ini dilaksanakan selama dua hari yakni mulai hari ini hingga 27 Juli besok.

"Yang menjadi tuan rumah adalah Nagari Durian Tinggi. MTQ ini diikuti oleh perwakilan enam nagari di Lubuk Sikaping," katanya.

Ia menjelaskan, MTQ ini diikuti oleh 174 orang kafilah yakni masing-masing nagari diwakili oleh 29 orang kafilahnya.

Adapuncabang yang diperlombakan, katanya, sebanyak enam cabang yakni cabang tilawah, tartil, tahfidz, khutbah Jumat dan qasidah rebana. (*)