Sembilan Tokoh Profesional/Politisi Gabung Kabinet Kerja

id reshuffle, kabinet, kerja

Jakarta, (Antara Sumbar) - Sebanyak sembilan tokoh baik yang berasal dari profesional dan politisi telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo mengisi jabatan menteri dalam Kabinet Kerja.

Menurut pantauan Antara di Istana Negara, Jakarta pada Rabu siang, Presiden telah mengambil sumpah kepada ke sembilan tokoh baru dan empat pejabat lama yang digeser menjabat menteri di bidang lain pada sekitar pukul 13.40 WIB.

Sebanyak sembilan tokoh baru tersebut yaitu Wiranto sebagai Menko Polhukam, Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan, Muhadjir Effendy sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian, dan Enggartiasto Lukita sebagai Menteri Perdagangan.

Selain itu, Archandra Tahar menjabat sebagai Menteri ESDM, Budi Karya sebagai Menteri Perhubungan, Eko Putro Sanjoyo sebagai Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Asman Abnur sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB juga telah dilantik oleh Presiden.

Kemudian, empat tokoh pejabat yang posisinya diubah memegang jabatan menteri bidang lain yaitu Luhut Binsar Panjaitan menjadi Menko Maritim, Sofyan Djalil digeser menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN dan Bambang Brodjonegoro menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas serta Thomas Trikasih Lembong dengan jabatan baru sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dalam acara tersebut, Presiden menanyakan kesediaan para tokoh untuk menjabat sebagai menteri di bidang masing-masing sebelum mengambil sumpah jabatan yang disambut jawaban "bersedia" dari para menteri secara tegas.

Acara pelantikan tersebut diakhiri dengan berjabatan tangan dari para kerabat dan kolega untuk menyelamati para tokoh terpilih. (*)