Kisah Perjuangan Tuanku Imam Bonjol Rencananya Difilmkan

id Tuanku Imam Bonjol

Kisah Perjuangan Tuanku Imam Bonjol Rencananya Difilmkan

Tuanku Imam Bonjol. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Aktor papan atas Indonesia, Ray Sahetapy mendatangi objek wisata Tugu Equator dan Museum Tuanku Imam Bonjol di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, untuk mengangkat sejarah perjuangan pahlawan nasional ini ke layar lebar.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasaman, Hendri di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan kedatangan aktor kawakan Ray Sahetapy ke Pasaman untuk menggali secara lengkap tentang sejarah perjuangan Tuanku Imam Bonjol sebelum diangkat ke layar lebar.

Aktor yang bernama lengkap Ferene Raymond Sahetapy ini juga membawa sutradara film Dibawah Lindungan Kabah, Hani Saputra yang rencananya juga akan menyutradarai kisah perjuangan Tuanku Imam Bonjol tersebut.

"Beliau bersama timnya berniat untuk membuat film kisah Tuanku Imam Bonjol. Itulah tujuan mereka datang ke Pasaman ini," ujarnya.

Hendri mengatakan sebelumnya kedatangan Ray Sahetapy sekitar pukul 14.30 WIB, Rabu (28/7) disambut oleh Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama dan pejabat di lingkungan pemerintah daerah setempat.

"Ray Sahetapy langsung dijamu makan siang di kediaman bupati," ujar Hendri.

Sementara itu Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama menyambut baik niat Ray Sahetapy bersama tim untuk mengangkat kisah perjuangan pahlawan nasional tersebut.

"Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu tentang latar belakang dan sejarah putra asli Bonjol, Pasaman ini. Terutama para gnerasi muda," ujarnya.

Menurut Atos, pembuatan film ini sangat layak untuk diangkat menjadi film layar lebar karena akan memberi dampak dan nilai-nilai positif kepada masyarakat.

"Film perjuangan seperti ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme bagi geberasi muda kita. Selain itu juga untuk memberikan pendidikan sejarah tentang bagaimana Tuanku Imam Bonjol menegakkan ajaran agama Islam dan melawan penjajah di tanah Saiyo ini," katanya. (*)