Sekda Pasaman Buka MTQ Rao Selatan ke-11

id MTQ, Rao Selatan, Pasaman

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, membuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-11 di Kecamatan Rao Selatan yang akan diikuti oleh seluruh perwakilan nagari yang ada di daerah itu, Kamis.

"Kami berharap MTQ ini tidak hanya menjadi agenda tahunan saja, namun dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengajak masyarakat untuk selalu mempelajari dan memahami kandungan Alquran," katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai forum silaturahmi antara pemerintah daerah dan masyarakat yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa kebersamaan dalam menyukseskan pembangunan di Pasaman.

"Kepada para kafilah diharapkan untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti perlombaan ini, sehingga siapa yang berprestasi nantinya dapat mewakili daerah Pasaman dalam ajang yang lebih tinggi lagi," ujarnya.

Prestasi Kabupaten Pasaman pada MTQ tingkat Provinsi Sumbar sebagai juara III agar dapat ditingkatkan lagi, katanya.

"Melalui MTQ inilah akan disaring bibit-bibit terbaik qori dan qoriah kita yang akan mewakili di tingkat Sumbar dan Nasional. Kita berharap prestasi juara III pada tahun lalu dapat terus ditingkatkan lagi," ujarnya.

Sementara itu Camat Rao Selatan, Dahrizal mengatakan MTQ tingkat Kecamatan Rao Selatan ini diikuti oleh 126 kafilah yang mewakili tiga nagari yang ada di kecamatan setempat.

"Masing-masing nagari diwakili oleh 42 orang qori dan qoriah. Yang menjadi tuan rumah dalam acara MTQ tahun ini adalah Nagari Tanjung Betung tepatnya di jorong Kauman. Untuk tuan rumah selalu bergiliran di masing-masing nagari," ujarnya.

Dahrizal mengatakan dilaksanakan selama dua hari yakni dari 28 hingga 29 Juli.

"Untuk cabang yang diperlombakan ada enam cabang yakni cabang Tilawah, Tartil, Tahfiz, Khotbah Jumat, Tilawah Taman Kanak-kanak dan Bintang Qasidah," katanya.

Ia berharap yang akan mengikuti MTQ ini benar-benar perwakilan dari Kecamatan Rao Selatan sehingga yang akan mewakili ditingkat yang lebih tinggi lagi juga warga asli daerah itu.

"Ia juga berharap prestasi sebagai juara umum pada MTQ tahun sebelumnya dapat dipertahankan. Untuk tahun ini rencananya akan di ada di kecamatan kita. Ini merupakan kebanggaan kita semua. Kami juga mengucapkan selamat bertanding kepada para kafilah," katanya. (*)