Kafilah Sumbar Cicipi Belasan Kuliner Khas NTB

id mtq

Kafilah Sumbar Cicipi Belasan Kuliner Khas NTB

Sate Pusut, salah satu kuliner khas NTB yang menggugah selera (Sate Pusut)

Mataram, (Antara Sumbar) - Baru sehari di Mataram Nusa Tenggara Barat, kafilah MTQ Sumatera Barat telah dapat mencicipi belasan kuliner dan penganan khas lokal yang disediakan Dinas Pendapatan Daerah( Dispenda) NTB sebagai pendamping rombongan Sumbar selama MTQ.

"Luar biasa. Kuliner NTB terbyata memiliki kedekatan rasa dengan kuliner Minang. Luar biasa enak," ujar Kepala Biro Bina Sosial yang memimpin kafilah MTQ Sumbar, Syahril B di Mataram, Jumat.

Kuliner seperti Ayam bakar taliwang, ares yang salah satu bahannya pohon pisang muda yang khusus, kemudian plecing kangkung, sate ikan batunjung Lombok Utara sangat menggugah selera.

Belum lagi sate daging, dan sate khas NTB yaitu sate pusut yang terbuat dari campuran daging, kelapa dan jeruk purut yang di bakar, lalu bebalung untuk menambah tenaga, serta kuliner khas Sumbawa yang disebut sepat.

Kuliner itu masih ditambah lagi dengan penganan khas lain seperti cerorot, kelepon kencrit, lupis, dan serabi.

"Tidak disangka, baru sehari di NTB, kami telah bisa mencicipi kuliner dan penganan yang selama ini hanya bisa didengar saja," ujar Kabag Keagamaan Biro Bina Sosial Sumbar, Jumadi.

Ketua Dewan Pembina Ikatan Keluarga Bundo Kanduang NTB Djamuris Dt Bandaro Jambak mengatakan, NTB memang memilki banyak kemiripan dengan Sumbar.

"Cita rasa kuliner di sini juga ada yang pedas," ujarnya.

MTQ Nasional ke-26 di Mataram Nusa Tenggara Barat baru akan dibuka pada 30 Juli 2016.

Sebelum itu, kafilah diminta untuk istirahat dan menjaga kesehatan agar bisa maksimal saat berkompetisi.(mko)