Pelajar Pasaman Ikuti Paduan Suara Gita Bahana Nusantara

id Paduan, Suara, Gita, Bahana, Nusantara

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pelajar asal Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Lusia Dhea Ananda Sinaga terpilih menjadi salah satu perwakilan provinsi ini dalam paduan suara Gita Bahana Nusantara pada peringatan hari Kemerdekaan RI ke-71 di Jakarta.

Guru Seni Budaya SMA 1 Lubuk Sikaping, Noviarti, Jumat, mengatakan Lusia merupakan salah seorang dari empat perwakilan Sumbar yang akan tergabung dalam paduan suara Gita Bahana Nusantara.

Untuk yang tiga orang lainnya, yakni satu orang dari SMA 1 Padang Reyhan Syafran dan dua orang dari mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) yaitu mahasiswi jurusan Sendratasik Herlina Aritonang dan mahasiwa jurusan Matematika Parulian Sinaga.

Sebelumnya, kata Noviarti, Lusia telah mengikuti seleksi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar di hotel Basko Padang selama dua hari dari 14 hingga 16 Juli 2016.

"Audisi di Padang tersebut diikuti oleh 60 orang peserta yang berusia dari 17 hingga 25 tahun. Yang ikut itu dari siswa dan mahasiswa. Maka terpilihlah empat orang yang salah satunya dari sekolah kita," jelasnya.

Pihak sekolah mengutus tiga orang perwakilan dari SMA 1 Lubuk Sikaping, namun yang terpilih hanya Lusia.

Ia menambahkan, rencananya Lusia akan berada di Jakarta selama 19 hari. Ia berangkat pada 1 Agustus 2016 untuk dikarantina dulu, dan pulangnya pada 19 Agustus 2016.

Menurut Noviarti, pretasi Lusia di sekolah memang cukup menonjol, terutama di bidang seni dan budaya.

"Oleh sebab itu, prestasi seperti seperti ini perlu lebih menjadi perhatian pemerintah daerah. Tidak hanya prestasi-prestasi dibidang akademik saja, tapi juga dibidang non akademik seperti ini. Apalagi samapi ditingkat Nasional," tambahnya.

Sementara itu, Lusia mengaku senang dan tidak menyangka bisa terpilih menjadi salah seorang perwakilan Sumbar untuk mengikuti paduan suara tersebut.

Putri bungsu pasangan bapak Elman Sinaga dan ibu Erisda Simbolon ini mengajak kepada teman-temanya untuk tidak takut untuk bermimpi dan punya harapan, karena dari sekian banyak mimpi dan harapan tersebut pasti ada yang akan tercapai.

"Yang terpenting kita tidak pernah menyerah dan selalu berusaha untuk menggapainya," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, A. Syafei Siregar sangat mengapresiasi pretasi yang diapai oleh salah seorang siswi SMA 1 Lubuk Sikaping tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi atas keberhasilan yang telah dicapai ini. Ini sangat membanggakan tidak hanya untuk sekolah, tapi juga mengharumkan nama Kabupaten Pasaman dikancah Nasional. Prestasi seperti ini perlu lebih ditingkatkan lagi," lanjutnya. (*)