Pendaki Gunung Karang Jatuh Ke Jurang

id Pendaki

Bandung, (Antara Sumbar) - Seorang pendaki mengalami luka-luka setelah jatuh ke jurang di kawasan penambangan pasir dan batu di Gunung Karang, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu dini hari.

Koordinator Humas dan Protokoler Kantor Basarnas Bandung, Joshua mengatakan pendaki diketahui bernama Asep (19) warga Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

"Kondisi korban saat pelaporan masih hidup," kata Joshua.

Ia menuturkan peristiwa itu dilaporkan sekitar pukul 00.30 WIB bahwa ada beberapa pendaki, seorang diantaranya terjatuh ke jurang di kawasan penambangan.

Selanjutnya Tim Basarnas menuju lokasi kejadian untuk melakukan penyelamatan terhadap korban yang berada di bawah jurang.

"Pukul 01.00 WIB diberangkatkan satu tim menuju tempat kejadian," katanya.

Tim Sar gabungan terdiri dari Basarnas Bandung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang dibantu rekan-rekan korban untuk berupaya melakukan penyelamatan.

Tim gabungan berhasil menyelamatkan korban dari jurang sekitar pukul 06.00 WIB selanjutnya dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Korban saat dibawa petugas dalam kondisi luka pada bagian wajah dan merasakan sakit pada pinggang.

"Sekarang sedang proses penurunan dari atas puncak menuju mobil rescue dan ada pun jarak yang ditempuh kurang lebih 5km dari mobil," katanya.