Produksi Jagung Pasaman Barat Menurun

id Produksi Jagung

Produksi Jagung Pasaman Barat Menurun

Jagung. (Antara) ( )

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Produksi jagung di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

"Benar, produksi jagung memang mengalami penurunan. Jika sebelumnya penyumbang 50-60 persen jagung di Sumbar maka pada 2015 hanya 39 persen," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Pasaman Barat Zulfikar Yusuf didampingi Kepala Seksi Pendataan Adillah di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya tentu ingin mengembalikan produksi jagung terbesar di Sumbar tersebut.

Data Dinas Pertanian Pasaman Barat tahun 2015 menyebutkan luas area tanam jagung mencapai 35.244 hektare dengan hasil panen 36.977 ton. Sedangkan produksi per tahun mencapai 236.721 ton atau 6,402 ton per hektare.

Pasaman Barat merupakan salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Sumbar. Namun, produksi jagung semakin turun hingga saat ini

"Salah satu penyebabnya adalah kualitas tanah yang semakin turun," kata Zulfikar Yusuf.

Ia menjelaskan, produksi jagung di Sumbar mencapai 602.549 ton. Sementara Pasaman Barat produksinya mencapai 236.721 ton atau 39 persen.

Selain itu, tanaman jagung merupakan solusi terbaik untuk membantu penghasilan petani pengganti hasil plasma sawit. Apalagi tanaman jagung sudah menjadi tanaman primadona petani saat ini.

Sentra jagung Pasaman Barat ditemui di Kecamatan Kinali, Kecamatan Luhak Nanduo, Kecamatan Pasaman, Kecamatan Sasak, Kecamatan Ranah Batahan dan Kecamatan Parit Koto Balingka.

Tanaman jagung bisa menjadi tanaman alternatif bagi para petani karena masa panen relatif singkat bisa empat atau enam bulan dengan harga yang relatif bertahan.

Tanaman jagung bisa menjadi andalan baru para petani selain tanaman kelapa sawit.

"Kita terus menganjurkan para petani untuk bertanam jagung namun harus memperhatikan jenis bibit dan pupuk yang digunakan," ujarnya.

Pihaknya juga berupaya meningkatkan produksi jagung melalui tanaman integrasi jagung-kelapa sawit

"Saat ini ribuan hektare kelapa sawit diremajakan. Ini peluang kita untuk menanam jagung di antara tanaman kelapa sawit yang baru ditanam," ujarnya. (*)