Menteri Khofifah Dijadwalkan Hadiri Jambore PKK Sumbar

id Menteri Sosial

Menteri Khofifah Dijadwalkan Hadiri Jambore PKK Sumbar

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (Antara) ()

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan menghadiri pembukaan Jambore Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Barat di Kota Sawahlunto, Rabu (3/8).

"Belum ada perubahan rencana kehadiran beliau ke kota ini. Sesuai susunan kegiatan, beliau juga dijadwalkan untuk memberikan bantuan sosial secara simbolis kepada masyarakat," kata Ketua Tim Penggerak TP PKK setempat, Yenny Ali Yusuf, di Sawahlunto, Minggu.

Selain Menteri Khofifah, jelasnya, kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Ketua TP-PKK tingkat provinsi Nevi Irwan Prayitno, serta para bupati dan wali kota se-Sumatera Barat.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, para peserta yang merupakan utusan TP-PKK dari 19 kota dan kabupaten di provinsi itu akan berkemah di Camping Ground Kandi guna mengikuti rangkaian lomba 10 program pokok PKK.

"Kegiatan berlangsung selama tiga hari. Saat ini seluruh persiapan penyambutan tamu undangan dan peserta sudah hampir rampung," imbuh dia.

Dia berharap, dipusatkannya kegiatan yang menjadi agenda rutin tahunan organisasi tersebut di kota itu, mampu menjadi penyemangat para kader PKK Kota Sawahlunto dalam menunjukkan eksistensinya selaku kader pembangunan mulai dari kelompok terkecil, yakni keluarga.

Salah satunya dengan turut andil dalam menyukseskan program-program pemerintah demi mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, melalui serangkaian program yang sudah disusun sedemikian rupa melalui proses kajian yang mendalam dan dituangkan dalam 10 program kerja organisasi perempuan terbesar di Indonesia itu.

"Kami juga sangat mengapresiasi dipercayanya kota ini menjadi tuan rumah jambore kali ini. Semoga kegiatan tersebut dapat memberikan efek positif bagi kota ini dalam upaya mengembangkan potensi pariwisata serta membantu para pelaku industri kecil menengah yang ada," kata dia.

Terkait persiapan yang sudah dilakukan pihak Pemerintah Kota Sawahlunto, Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (PMPKB) setempat, Adri Yusman, mengatakan yang menjadi prioritas pihaknya meliputi penataan kawasan parkir, jaringan instalasi air bersih, pasar, fasilitas MCK, serta areal tenda untuk pelaksanaan kemah bakti.

"Seluruh kegiatan akan dipusatkan di kawasan Camping Ground Kandih Sawahlunto yang memiliki luas lahan sekitar 2,7 hektare dengan daya tampung mencapai seribu tenda yang diperuntukkan bagi lebih dari tiga ribu peserta," jelasnya. (*)