BUMNSMN-SISWA MENGENAL NUSANTARA KUNJUNGI OBYEK WISATA LUBANG JAPANG

id bumn#SMN

BUMNSMN-SISWA MENGENAL NUSANTARA KUNJUNGI OBYEK WISATA LUBANG JAPANG

Siswa Papua peserta SMN saat mengunjungi objek wisata sejarah Lobang Jepang, Kota Bukittinggi. (cc)



Bukittinggi, Kamis 11 Agustus 2016.

Dalam kunjungan ini, siswa diperkenalkan dengan sejarah berdirinya Lubang Japang. Tour guide, Jufri menjelaskan mengenai Lubang Japang yang didirikan di zaman penjajahan Jepang itu.

"Ini didirikan oleh orang Indonesia. Bukan orang Jepang. Makanya kerja Romusha itu sangat terkenal karena memaksa masyarakat Indonesia bekerja," ungkapnya kepada siswa di Lobang Japang Bukittinggi, Kamis 11 Agustus 2016.

Para siswa mendengarkan semua penjelasan yang diberikan oleh tour guide. Selain itu, mereka juga menanyakan segala hal tentang Lubang Japang.

Sementara itu, salah seorang siswa Almendo Gabriel Lanoh mengatakan Lubang Japang merupakan terowongan yang luar biasa namun menyedihkan.

"Menyedihkan karena yang membuat adalah orang Indonesia. Dan itu harus dibuat dengan alat tradisional," ujar siswa SMAN 2 Manokwari itu.

Selain itu, dalam kunjungan bidang wisata ini, siswa juga mengunjungi daerah Ngarai Sianok dan Lembah Ngarai.

Seperti diketahui, program SIswa Mengenal Nusantara 2016 ini merupakan program yang dileruntukkan untuk siswa SMA berprestasi dalam melakukan pengenalan budaya, pariwisata dan kewirausahaan keseluruh wilayah Republik Indonesia.

Program siswa mengenal nusantara tahun ini untuk wilayah Sumbar diselenggarakan oleh empat BUMN yakni PT Pegadaian (persero) sebagai Ketua PIC serta didukung wakil PIC PT Semen Padang, PT Pelni(persero) dan PT Hotel Indonesia Natour/HIN(persero). Ketiga perusahaan ini bersinergivuntuk mempersiapkan seluruh kegiatan peserta SMN selama tinggal di Sumatera Barat.***

Teks Foto: Siswa Papua peserta SMN saat mengunjungi objek wisata sejarah Lobang Jepang,