Pemkab Gelar Perkemahan Pramuka Tingkat SD

id Pramuka

Pemkab Gelar Perkemahan Pramuka Tingkat SD

KONTINGAN PRAMUKA INDONESIA BERANGKAT KE JEPANG ()

Simpang Empat,(Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar perkemahan pramuka tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Pasaman Barat di Tongar, Kecamatan Pasaman.

"Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka ke-55. Sekitar 1.020 orang hadir sejak acara dimulai Jumat (12/8) dan berakhir hari ini," kata Ketua Pramuka Pasaman Barat, Yulianto didampingi Sekretaris, Zulifnan di Simpang Empat Minggu.

Ia menambahkan perkemahan gerakan pramuka tingkat siaga ini merupakan agenda tahunan dan sebagai media memasyaratkan gerakan pramuka.

Menurutnya kegiatan ini sekaligus sebagai kegiatan yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan sebagi alat untuk mencapai tujuan gerakan pramuka.

Tujuan itu adalah membentuk manusia yang berkarakter, berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila.

Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada adek-adek anggota pramuka serta para pendamping, pembina dan panitia yang telah turut berpartisipasi mensukseskan kegiatan perkemahan ini.

Bendahara Umum Kwarcab 0317 Pasaman Barat, Devi Irawan menambahkan, acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memasyarakatkan gerakan pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda.

Selain itu untuk meningkatkan pembinaan khususnya pada anggota gerakan pramuka Pasaman Barat serta dalam rangka menyemarakkan hari pramuka nasional.

"Kegiatan antara lain bertujuan meningkatkan dan memantapkan ketrampilan atau Scouting Skill anggota gerakan pramuka. Acara berlangsung semarak sesuai dengan tema yang kita usung ," terangnya.

Sementara itu, salah seorang pembina atau pendamping anggota pramuka Gudep SD Negeri 12 Pasaman, Husni Kalsum menyambut baik kegiatan perkemahan pramuka ini.

Menurutnya kegiatan ini adalah salah satu ajang adu kreatifitas serta silaturahmi antara sesama anggota pramuka dan para guru.

"Berbagai atraksi dan lomba diadakab seperti paduan suara, senam kreasi, ketangkasan PBB, keterampilan memasak, lomba yel-yel pramuka, lomba pembuatan tandu dan lainnya," sebutnya. (*)