Danrem: Bangsa Besar Hargai Pahlawan

id Danrem

Padang, (Antara Sumbar) - Komandan Korem 032 Wirabraja Brigjen TNI Bakti Agus menegaskan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, karena itu setiap tahun digelar apel kehormatan dan renungan suci untuk mengingat jasa tersebut.

"Renungan suci di makam pahlawan merupakan salah satu upaya agar generasi penerus tetap mengingat jasa pendahulunya," kata Danrem usai apel kehormatan dan renungan suci yang dilaksanakan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar menyambut HUT ke-71 RI di Taman Makam Pahlawan Kusuma bangsa Lolong, Rabu (17/8) tepat pukul 00.00 WIB.

Ia mengingatkan, bangsa Indonesia saat ini harus mengisi kemerdekaan dengan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air, seperti telah ditunjukkan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan RI.

Renungan suci di makam pahlawan itu dimulai dengan mematikan lampu dan penyalaan obor oleh petugas. Dilanjutkan dengan pembacaan naskah penghormatan oleh Danrem 032 Wirabraja.

Selanjutnya, mengheningkan cipta yang dipimpin irup Danrem 032 Wirabraja itu diikuti seluruh peserta apel dan disusul pembacaan doa.

Apel kehormatan tersebut adalah kegiatan rutin yang dilakukan Forkompimda Sumbar pada pergantian malam 16 dan 17 Agustus pukul 00.00 WIB untuk menyambut kemerdekaan RI.

Kegiatan rutin itu merupakan salah satu wujud penghormatan terhadap pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan.

Renungan suci itu juga dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, serta seluruh Forkopimda.

Apel diikuti seluruh kepala SKPD Sumbar, TNI/Polri, anggota Satpol PP, dan anggota pramuka.

Di TMP Kusuma Bangsa telah dimakamkan lebih dari 1200 pahlawan yang gugur di medan juang. (*)